Hindari Overthinking dalam Hubungan Asmara, Ini Alasannya

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 03 Apr 2018, 16:30 WIB
Diperbarui 05 Apr 2018, 15:13 WIB
Putus Cinta atau Putus Hubungan

Liputan6.com, Jakarta Dalam hubungan asmara seringkali seseorang overthinking atau berpikir berlebihan dengan pasangannya. Overthinking sebenarnya memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, Anda seringkali berpikiran tentang diri kita sendiri untuk memperbaiki atau membangun hubungan menjadi lebih baik.

Anda akan merenungkan banyak hal untuk itu. Namun, sisi negatifnya menjadikan Anda terlalu banyak berpikir hingga hal terkecil.

Menjadi overthinking akan memberikan pengaruh dalam hubungan asmara. Overthinking akan mempengaruhi bagaimana Anda berkomunikasi dan keintiman fisik dengan pasangan. Anda akan merenung terlalu lama sehingga rentan terhadap berakhirnya hubungan.

Selain itu dilansir dari Boldsky pada Selasa (3/4/2018),terdapat lima alasan mengapa overthinking tidak baik bagi hubungan asmara. Penasaran?

2 of 3

5 Alasan Overthinking Tidak Baik untuk Hubungan

Putus cinta
Ilustrasi putus cinta

1. Membunuh esensi cinta

Terlalu banyak berpikir dengan menjadi overthinking dapat membunuh esensi cinta karena Anda terus memikirkan semua alasan mengapa dan bagaimana ia jatuh cinta pada Anda. Demikian pula kita memikirkan sesuatu yang mempersulit suatu masalah. Sehingga dapat memperlambat pengambilan keputusan.

2. Membuat Anda tidak merasa aman

Overthinking menjadikan Anda sebagai seorang pemikir di mana setiap momen Anda memikirkan tentang hubungan Anda. Anda akan merasa semuanya harus dipertanyakan dan Anda akan melacak semua hal tentang pasangan. Hal ini membuat hubungan Anda menjadi muram karena membunuh cinta dalam hubungan Anda sendiri.

3. Kehilangan kepercayaan

Kepercayaan menjadi pintu kebahagiaan dalam hubungan. Jika Anda terlalu banyak berpikir dalam hubungan, kepercayaan akan menjadi prioritas terakhir. Anda akan mulai kehilangan kepercayaan dalam hubungan. Ini sering menyebabkan pertengkaran dalam hubungan. Mempercayai adalah komponen kunci dari suatu hubungan dan terlalu banyak berpikir membuat hubungan menjadi lebih rentan.

3 of 3

5 Alasan Overthinking Tidak Baik untuk Hubungan

putus cinta
Ilustrasi putus cinta (iStockphoto)

4. Menyalahkan hubungan

Semua hal di kepala Anda akan berpikir bahwa semua kesalahan terjadi karena pasangan Anda dan pemikiran Anda yang paling benar. Menjadi overthinking membuat Anda menyahlahkan semua hal dalam hubungan itu.

5. Membuat sedih tanpa alasan

Kecanduan overthinking membuat Anda tidak bahagia dalam hubungan. Anda akan lebih mudah sedih dan mencemaskan hubungan tanpa alasan. Overthinking tidak akan membantu Anda sukses dalam hubungan. Justru akan menghancurkan kedamaian batin.

Lanjutkan Membaca ↓