Sukses

5 Trik Terbaik Mulai Makan Sehat Tanpa Anda Sadari

Coba trik sederhana memulai gaya hidup sehat dari makanan sehat tanpa kesulitan

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup sehat menjadi dambaan semua orang. salah satu faktor penunjangnya adalah dengan mulai makan makanan yang sehat juga.

Namun untuk memulai makan sehat tidak semudah mengucapkannya. Untungnya dengan beberapa trik sederhana para ahli diet dan gizi, Anda bisa mulai makan sehat tanpa kesulitan.

Melansir dari Huffington Post, Senin (2/4/2018) berikut trik terbaiknya;

1. Taruh buah dan makanan sehat lainnya di bagian depan kulkasBuah dan camilan sehat yang mudah terlihat dan dijangkau bisa mengubah kebiasaan ngemil Anda. Menurut ahli diet Katie Serbinski, letakkan makanan sehat di tempat yang mudah terlihat di kulkas, dan pindahkan makanan yang tidak sehat ke bagian bawah atau laci kulkas.

Hal itu juga berlaku di Google yang memudahkan penggunanya mencari makanan sehat. "Kami membuat makanan-makanan sehat mudah terlihat, sementara yang kurang sehat terletak lebih jauh," ujar Manager Operasional dan koki program makanan global Google Scott Giambastiani.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan Hal yang Sulit

2. Lakukan hal yang sulit dahuluAhli diet dan gizi di Atlanta, AS, Marissa Moore menyarankan klien-kliennya langsung membersihkan dan memotong buah dan sayur yang mereka beli dari pasar begitu sampai di rumah. "Anda akan cenderung malas makan nanas utuh dibanding jika Anda sudah memotongnya dan siap dimakan," ujarnya.

Tapi jika tak punya banyak waktu untuk melakukannya, banyak toko yang menjual buah dan sayur siap dikonsumsi. "Tidak perlu malu akan hal ini, karena apa pun yang membuat Anda makan sayur dan buah dengan mudah adalah pencapaian," imbuh Andrea Moss, pelatih nutrisi holistik dan penemu Moss Wellness.

3. Atur isi kulkas (dan jangan lupa bersihkan!)

Molly Lee, pakar kesehatan holistik dan penemu Energizing Nutrition, mengatakan mengatur kulkas dan dapur Anda bisa mempermudah ketika memasak.‘Buat bermacam bagian untuk berbagai kategori makanan di kulkas untuk mencegah kontaminasi dari bahan makanan lain," ujarnya.

Jangan lupa membersihkan kulkas. Buang makanan-makanan yang sudah tidak layak setiap minggunya.

3 dari 3 halaman

Ganti Alat Makan

4. Perbaiki kondisi alat makan

Hal lain yang menarik adalah mengganti perangkat makan dan masak jika sudah tidak layak pakai. Mangkok, piring, dan gelas yang layak membuat Anda selalu semangat memasak makanan sehat.

5. Sekali-kaki makan tidak sehat masih diperbolehkanMenyingkirkan kebiasaan makan permen dan keripik itu tidak mudah. Untuk mendapatkan pola makan yang benar-benar seimbang, Molly Lee menganjurkan menaruh hanya satu camilan saja di rumah.

Ia menganjurkan klien-kliennya untuk makan dessert berkualitas tinggi. Seperti organic dark chocolate atau madu mentah yang bisa dikombinasikan dengan camilan sehat lainnya.

"Harganya yang mahal dan rasanya yang enak akan membuat Anda mengkonsumsinya perlahan untuk bisa menikmatinya berulang kali."

Trik terbaik untuk mengatasi keinginan ngemil adalah dengan ‘menipu’ diri sendiri dan menyembunyikan makanan tidak sehat. Mungkin Anda masih punya keripik atau biskuit coklat tersembunyi di lemari paling bawah.

Karena prinsipnya dengan tak terlihat, tak terpikirkan, akan membuat gaya hidup Anda jauh dari makanan-makanan tidak sehat tersebut secara tidak sadar.

Maulidinov Maulana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.