Sukses

Ini Fakta Unik Mengapa Hari Raya Paskah Identik dengan Telur dan Cokelat

Mengapa pada perayaan Paskah selalu identik dengan telur dan cokelat? Ternyata ini alasannya.

Jakarta Ada beberapa ciri khas yang selalu hadir setiap tahun. Di antaranya adalah cokelat dan telur yang selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Hari Paskah. Tak sekadar menghias dan permainan mencari telur, rupanya ada banyak fakta unik dan menarik di baik perayaan Paskah yang begitu meriah dan disukai banyak anak-anak.

Bicara soal telur Paskah, tradisi perayaan ini berawal saat orang-orang Eropa membagi-bagikan telur sebagai simbol datangnya musim semi, sebagai tanda datangnya musim baru. Kebiasaan inilah yang kemudian terus-menerus ada dan diadaptasi oleh negara-negara lain pada saat perayaan Paskah tiba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Unik

Karena perayaan Paskah dan musim semi selalu tiba pada waktu yang bersamaan, tradisi ini pun sulit untuk dihapuskan, hingga akhirnya tradisi membagikan telur tersebut menjadi bagian dari perayaan Paskah. Lalu, seiring berjalannya waktu, tradisi telur Paskah pun terus berkembang dan populer di Eropa Utara dan Asia.

Sedangkan cokelat Paskah sendiri hadir karena awalnya menjadi salah satu hadiah oleh orang-orang dewasa di Jerman, dan diberikan kepada anak-anak yang memiliki kelakuan baik. Seiring berjalannya waktu, pada abad ke-19 muncullah tradisi cokelat telur di Jerman dan Perancis untuk meramaikan perayaan Paskah.

Tak hanya itu, dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh fakta unik tentang cokelat dan telur yang harus Anda ketahui.

1. Dalam beberapa budaya, selain sebagai tanda datangnya musim semi, bertukar atau memberi telur Paskah juga diangap sebagai simbol kelahiran kembali.

2. Selain Halloween, Paskah menjadi momen perayaan berbagai permen dan cokelat terbesar setiap tahunnya. Coba hitung berapa banyak cokelat dan permen yang Anda dapat pada Hari Paskah tahun ini?

3. Selain cokelat berbentuk telur, ada juga cokelat berbetuk kelinci. Saat makan cokelat kelinci, bagian mana dulu yang Anda santap? Menurut sebuah survei, 76 persen orang akan mulai gigitan pertama dengan memakan bagian telinga, 5 persen bagian kaki ,dan 4 persen orang memilih makan ekornya lebih dulu.

4. Pada tahun 2017 lalu, saat perayaan Paskah ada lebih dari 90 juta cokelat kelinci yang diproduksi, 91.4 miliar telur dan 700 juta marshmellow diproduksi untuk perayaan tersebut dan angka itu baru di Amerika Serikat saja.

3 dari 3 halaman

Fakta Unik

5. Paskah selalu jatuh di tanggal berbeda, yang mana aturan itu ditetapkan oleh gereja Kristen Konsili Nicea. Perayaan Paskah digelar pada hari Minggu pertama, setelah bulan purnama pertama terjadi pada atau setelah titik balik musim semi.

6. Cokelat kelinci terbesar yang pernah dibuat oleh Equipe da Casa do Chocolate di Brasil pada tahun 2017, tingginya mencapai 45 meter dengan berat lebih dari 4.000 kilogram.

7. Selain telur dan cokelat, ternyata ada makanan manis lain yang menjadi favorit selama Paskah, yaitu permen Jelly Bean, di mana orang Amerika bisa mengonsumsinya lebih dari 16 juta butir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.