Sukses

Baru Masuk Kerja? Ini yang Perlu Anda Lakukan Jika Kesepian di Kantor

Merasa kesepian di tempat kerja baru juga termasuk salah satu tantangan yang mungkin dihadapi oleh sebagian pegawai. Apakah Anda juga merasakan hal tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak hal yang menjadi tantangan dalam berkarir di tempat kerja yang baru, mulai dari banyaknya pekerjaan hingga lingkungan yang kurang kondusif. Merasa kesepian di tempat kerja baru juga termasuk salah satu tantangan yang mungkin dihadapi oleh sebagian pegawai. Apakah Anda juga merasakan hal tersebut? Apa yang perlu Anda lakukan jika mengalaminya?

Melansir halaman CNBC pada Jumat (30/03/18), Jenny Blake yang merupakan career expert dan pendiri mentorship program di Google mengatakan bahwa jika Anda ingin menciptakan kebahagiaan di tempat kerja, mulailah dengan membuat perbincangan secara one-on-one bersama teman kerja atau pun atasan. Perbincangan tersebut bisa berfungsi untuk lebih mengakrabkan diri satu sama lain sehingga Anda bisa lebih rileks dalam bekerja.

Dengan kedekatan yang cukup antara Anda dan rekan kerja, Anda bisa dengan ringan berdiskusi tentang berbagai hal, mulai dari pekerjaan, tema-tema populer, yang diselingi dengan candaan yang sesuai. Dengan bertukar cerita atau pendapat, Anda bisa menjalani hari-hari kerja secara lebih menyenangkan. Khususnya untuk urusan kerja, lakukan rapat manakala Anda menerima tugas yang belum cukup dimengerti agar Anda tidak stres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interaksi sosial

Pada intinya, untuk mengatasi kesepian, Anda harus membangun interaksi sosial. Interaksi sosial ini bisa dibangun dengan mudah atau juga perlu usaha ekstra. Salah satu yang mempengaruhi hal tersebut adalah jenis pekerjaan. Jika pekerjaan Anda mensyaratkan kerja tim yang perlu berkomunikasi secara intens, Anda mungkin akan dengan musah terfasilitasi dalam membangun interaksi antar sesama pegawai. Namun ada pula pekerjaan-pekerjaan yang memang sangat rawan kesepian.

 

3 dari 3 halaman

Profesi yang rentan kesepian

Lewat survei kepada 1.600 pekerja, Harvard Business Review menemukan bahwa bidang hukum, engineering, dan science sebagai area di mana para pekerjanya sangat rentan kesepian. Kesepian jelas akan berdampak buruk bagi kehidupan personal maupun produktifitas seseorang dalam bekerja.

Selain para pekerja itu sendiri yang diharapkan pro-aktif dalam mengatasi rasa kesepian yang dialami, para perusahaan pun diharapkan dapat menghadirkan kondisi kerja yang lebih hangat, ceria, dan familiar dalam hubungan antar pegawai.

Bio In God Bless

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.