Sukses

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Ini Jurus Manjur untuk Mengatasinya

Karena pentingnya fungsi tidur, tentu kesal sekali rasanya jika tidak bisa tidur, bukan? Ini jurus ampuh mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan aktivitas esensial bagi tubuh. Saat kurang tidur, tubuh akan terasa lunglai dan lemas. Jika berlangsung terus menerus, daya tahan tubuh bisa menurun.

Karena pentingnya fungsi tidur, tentu kesal sekali rasanya jika tidak bisa tidur, bukan? Ketika Anda mencoba memejamkan mata, tetapi justru Anda tidak juga tertidur.

Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan? Melansir dari Time, Selasa (27/3/2018), berikut kata para ahli saat sulit tidur melanda.

Pertama, sadari bahwa hal ini adalah normal. Tidak semua orang bisa langsung tertidur saat baru saja terbaring. Rata-rata orang membutuhkan 10 sampai 20 menit sejak berbaring sampai benar-benar tertidur. Justru jika langsung tertidur dalam satu atau dua menit setelah berbaring merupakan tanda-tanda gangguan tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Bisa Tidur, Ini Jurus Manjur Atasinya

Profesor di UCLA Jennifer L Martin mengatakan, saat tidak dapat tidur, pasti ada sesuatu yang dipikirkan. Seperti masalah dengan pekerjaan atau anak. Daripada kesal karena tidak bisa tidur karena banyak pikiran, lebih baik Anda tuliskan apa yang membuat gelisah.

Kedua, buat suasana nyaman untuk tertidur. Misalnya kondisi telepon yang mati sehingga Anda tidak tergangg dengan pesan atau dering telepon. Suasana sunyi dan ruangan yang gelap juga akan membantu.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Bisa Tidur, Ini Jurus Manjur Atasinya

Ketiga, alihkan pikiran Anda dengan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya pikirkan saat-saat Anda sedang liburan, pantai, gunung, atau tempat apapun yang disukai.

Keempat, coba latihan pernapasan. Tarik napas dalam empat hitungan, dan keluarkan dalam empat hitungan lainnya. Lakukan berulang-ulang hingga Anda rileks dan tertidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.