5 Sumber Pendapatan Pasif yang Bisa Menambah Penghasilan Anda

Oleh Adinda Tri Wardhani pada 26 Mar 2018, 20:15 WIB
Diperbarui 26 Mar 2018, 20:15 WIB
Uang

Liputan6.com, Jakarta Cari penghasilan tambahan tidak harus dilakukan dengan kerja serabutan siang dan malam. Kalau punya aset yang tepat, Anda bisa kok dapat uang sambil tidur sekalipun.

DuitPintar akan memberikan beberapa rekomendasi menarik yang layak Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi tentu saja ada syaratnya. Misalnya, beberapa sumber penghasilan ini butuh modal. 

Jadi, sudah siap untuk mencari penghasilan tambahan? Ini dia lima sumber pendapatan pasif yang bisa Anda optimalkan.

1. Bangun kos-kosan

Cara ini terbilang cukup mudah, apalagi kalau Anda sudah punya lahan strategis.

Misalnya saja, Anda punya rumah yang dekat dengan perkantoran dan kampus. Lahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk dapat penghasilan secara pasif.

Jika sudah di daerah strategis, kos-kosan pasti akan laku. Namun, untuk menambah nilai jual, Anda bisa lengkapi fasilitasnya. Misalnya saja, menyediakan kamar yang sudah dilengkapi perabotan.

2. Sewa properti

Hampir sama dengan kos-kosan, Anda bisa manfaatkan properti berlokasi strategis untuk cari penghasilan tambahan. Caranya? Disewakan saja.

Anda bisa sewakan ruko untuk toko atau kantor bagi orang lain. Biasanya harga sewa ruko bahkan jauh lebih mahal daripada kos-kosan.

Contoh, harga sewa ruko daerah Thamrin City Residence, Jakarta Pusat, mencapai Rp 300 jutaan per tahun.

Properti lainnya yang bisa Anda berdayakan adalah lahan parkir. Dengan syarat, lahan parkir tersebut berada di kawasan ramai, seperti misalnya perkantoran, pusat perbelanjaan, atau stasiun kereta api.

 

2 dari 3 halaman

3. Royalti dari buku

Uang
Ilustrasi uang (iStockphoto)

Awalnya Anda memang harus bekerja untuk jadi penulis dan mendapat royalti. Namun, royalti tersebut biasanya akan terus diperoleh selama buku masih laku dan diproduksi.

Artinya, walaupun Anda sudah tidak menulis lagi, Anda akan terus dapat penghasilan tambahan.

4. Iklan di blog atau website

Untuk memiliki pendapatan pasif dari blog, tentu awalnya Anda perlu membangun blog atau website terlebih dahulu.

Bisnis blog atau website ini bisa jadi cara untuk cari uang tambahan walaupun Anda tidak melakukan apapun. Anda bisa memesan tulisan dari orang lain.

Semakin kencang traffic yang ada di blog atau website milik Anda, maka semakin tinggi persentase klik iklan yang ada. Biasanya makin ramai pula pihak brand yang ingin beriklan di website atau blog Anda.

 

3 dari 3 halaman

5. Saham

20151113-Ilustrasi Investasi
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Anda dapat membeli saham di perusahaan tertentu. Keuntungan yang Anda peroleh dari saham itu bisa jadi pemasukan tambahan. Anda tidak perlu kerja tetapi cukup menunggu profit saja setelah menanamkan saham di perusahaan tersebut.

Meski tidak perlu kerja, bukan berarti Anda sembarang menanam saham. Anda perlu perhatikan perusahaan yang hendak Anda pilih. Pastikan perusahaan tersebut dikelola dengan baik dan berpotensi menghasilkan laba yang tinggi.

Dari opsi penghasilan yang sudah disebutkan, kita bisa belajar bahwa cari uang tambahan tetap butuh upaya. Jika tidak dalam bentuk kerja, maka Anda butuh modal.

Perlu diingat pula, biar pun tidak kerja, Anda tetap butuh kemampuan tertentu. Misalnya saja, menganalisis apakah prospek usaha tersebut menguntungkan atau tidak di masa depan.

Lanjutkan Membaca ↓