Beyonce dan Gucci Bantu Ketersediaan Air Bersih di Burundi

Oleh Liputan6.com pada 26 Mar 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 28 Mar 2018, 11:13 WIB
Beyonce (Hak Cipta: beyonce.com/rna)

Liputan6.com, Jakarta Air merupakan kebutuhan penting bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Air bersih berguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan orang-orang, mulai dari untuk konsumsi, membersihkan tubuh, mencuci bermacam-macam benda, dan lain sebagainya. Sedihnya ada daerah-daerah yang mengalami kesulitan air bersih. Salah satunya adalah negara Burundi.

Pada Hari Air Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret, negara yang terletak di timur Afrika tersebut mendapat bantuan berharga. Melansir halaman W Magazine pada Sabtu (24/3/18), penyanyi internasional Beyonce dan fashion brand eksklusif Gucci bekerja sama untuk membantu pemenuhan kebutuhan air bersih di Burundi.

Label mode asal Italia itu mendonasikan dana sebesar 1 juta dolar Amerika atau sekitar 14,2 miliar rupiah kepada program BeyGood4Burundi yang dibuat oleh Beyonce bersama UNICEF pada tahun lalu. Bantuan uang tersebut akan digunakan untuk membangun 80 sumur untuk dapat menyediakan air bersih kepada lebih dari 120 ribu orang.

 

2 of 3

Mengubah Kehidupan Ratusan Ribu Orang

Gucci Diejek Karena Jual Ember Pel
Gucci diejek karena menjual tas karet yang mirip ember pel dengan harga mahal (instagram/gucci)

Bantuan tersebut diberikan melalui program Chime for Change milik Gucci yang juga didirikan bersama dengan Beyonce pada tahun 2013. Gucci dan Chime for Change bangga untuk berdiri bersama Beyonce dan UNICEF dalam mengubah kehidupan ratusan ribu orang.

Fokus dari Chime for Change memang kepada pemberdayaan perempuan. Melalui bantuan akses air bersih yang diberikan, diharapkan para perempuan Burundi dapat terhindar dari risiko kekerasan yang bisa terjadi dalam perjalanan panjang mengambil air bersih. Selain itu, akses yang lebih dekat pada air bersih juga memungkinkan anak-anak perempuan dapat lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk bersekolah ketimbang mengambil air.

 

 

3 of 3

Pembangunan 35 Sumur

Dengan adanya air bersih di toilet-toilet sekolah, anak-anak perempuan pun tak harus izin dari kegiatan belajar di sekolah pada saat menjalani periode menstruasi. Hingga kini BeyGood4Burundi telah merampungkan pembangunan 35 sumur dan ditargetkan untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan pada tahun 2020. (Bio in Godbless)

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓