Sukses

Tahukah Anda Perbedaan Es Krim dan Gelato?

Adakah perbedaan antara es krim dan gelato? Ataukah dua kata tersebut merujuk pada hal yang sama? Ini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Es krim merupakan sajian dingin yang disukai oleh banyak orang. Ada ragam rasa yang tersedia, mulai dari cokelat, vanila, stroberi, dan sebagainya. Akhir-akhir ini, masyarakat juga gandrung dengan istilah “gelato”, yakni sajian yang terlihat tak berbeda dengan es krim pada umumnya.

Adakah perbedaan antara es krim dan gelato? Ataukah dua kata tersebut merujuk pada hal yang sama? Yuk, ketahui jenis-jenis es krim dan sajian dingin serupa seperti dilansir dari halaman Real Simple pada Rabu (7/3/18).

Sorbet

Sajian dingin bernama Sorbet merupakan “sepupu” dari es krim. Berbeda dari es krim, sajian ini tidak dibuat dengan susu. Sorbet dibuat dengan bahan utama puree buah dan gula. Oleh karena tidak adanya susu, tekstur sorbet tidaklah creamy seperti es krim. Rasanya yang segar dan tanpa kandungan susu menjadikan sorbet sebagai alternatif dessert bagi mereka yang sedang diet.

Sherbet

Sherbet adalah hybrid antara es krim dan Sorbet. Sherbet dalah sorbet yang diibuat dengan campuran susu namun dalam jumlah sangat minimal.

Granita

Di Italia terdapat sebuah sajian beku yang mirip dengan sorbet, yakni Granita. Selain berbahan puree buah dan gula, Granita juga mengandung campuran air. Biasanya granita disajikan dengan cara dipecah-pecah menggunakan garpu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Es Krim

Sajian ini sudah sangat akrab di kehidupan masyarakat luas. Es krim dibuat dengan kandungan susu. Dengan perkembangan teknologi, es krim dibuat dengan menggunakan mesin.

Gelato

Dalam bahasa Italia, “Gelato” memang berarti “Es Krim”, namun di Italia ada sedikit perbedaan resep antara es krim lokalnya dengan es krim pada umumnya. Gelato memiliki kandungan lemak susu yang lebih rendah sehingga memiliki tekstur yang lebih padat.

 

3 dari 3 halaman

Frozen Yogurt

 

#yommyogo #becomehealthy #frozenyogurth #frozenyogurt #vivefelizviveyomm #vivesanoviveyomm #yoamoyommyogo

Sebuah kiriman dibagikan oleh yommyogo (@yommyogo) pada

Cara pembuatan es krim dan frozen yogurt tidaklah berbeda. Yang membedakan kedua prdouk itu hanyalah bahan dasarnya. Frozen yogurt tentunya dibuat dari yogurt.

Frozen Custard

Sajian dingin Frozen Custard juga merupakan kerabat es krim. Bahan-bahan yang digunakan sama seperti bahan pembuat es krim namun dengan tambahan kuning telur. Oleh karena itu, tekstur frozen custard lebih lembut.

Bio In God Bless

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.