Ini Waktu yang Tepat untuk Cerai dari Pasangan Anda

Oleh Annissa Wulan pada 04 Mar 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 04 Mar 2018, 19:00 WIB
Bertengkar Berselisih Paham dengan Pasangan
Perbesar
Ilustrasi Foto Bertengkar dengan Pasangan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Cerai adalah jalan terkahir yang diambil oleh pasangan suami istri ketika sudah tak ada kecocokan lagi. Tentu saja, tidak ada yang menginginkan hubungan pernikahannya berakhir dengan perceraian.

Namun, keputuran untuk cerai bukanlah sebuah keputusan yang mudah untuk diambil. Anda tentu membutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang untuk berpikir.

Dilansir dari oureverydaylife.com, Minggu (4/3/2018), ada beberapa cara untuk mengetahui apakah ini saat yang tepat untuk memutuskan cerai. Setelah berpikir keras untuk bertahan, pertimbangkan juga beberapa hal di bawah ini saat Anda ingin mengambil keputusan cerai.

1. Kesehatan emosional

Lihatlah kembali ikatan emosional antara Anda dan pasangan. Jika memang ikatan emosional tersebut sudah pudar, mungkin tanda-tandanya akan seperti pasangan yang tidak lagi peduli, selalu mengkritik, berdebat tentang hal-hal sepele, Anda selalu ingin pergi, dan adanya perlakuan kasar.

Hal lainnya untuk mengetahui ikatan emosional adalah dengan mengenang memori, pikirkan tentang masa lalu. Jika ingatannya bahagia, mungkin Anda sebaiknya bertahan, namun jika hal yang dikenang justru pahit, cerai adalah pilihan.

 

 

2. Apa yang membuat Anda bahagia?

Bertengkar Berselisih Paham dengan Pasangan
Perbesar
Ilustrasi Foto Bertengkar dengan Pasangan (iStockphoto)

Memang sebuah pernikahan yang bahagia tidak berarti Anda akan gembira setiap detiknya. Namun, jika berada di dalam sebuah hubungan rumah tangga yang justru membuat Anda lebih sesangsara, lantas mengapa dipertahankan?

3. Konflik praktis

Mungkin hal-hal yang selalu membuat Anda tidak bahagia atau bersedih adalah sesuatu yang praktis, seperti uang dan waktu. Jika Anda dan pasangan masih saling mencintai, seharusnya hal ini tidak pernah menjadi konflik yang besar.

4. Tekanan dari luar

Pasangan Bertengkar
Perbesar
Ilustrasi Foto Pasangan Bertengkar (iStockphoto)

Jika Anda sudah merasa tidak bahagia, tanyakan kepada diri sendiri apa yang mengharuskan Anda untuk bertahan? Terkadang, banyak orang mempertahankan sebuah hubungan hanya karena takut akan konsekuensi.

5. Pertimbangkan alternatif

Jika Anda memutuskan untuk tidak cerai, maka jangan hanya puas dengan hubungan yang sekarang terjalin. Cari akar masalahnya, maka Anda dapat lebih mudah untuk memperbaikinya.

Lanjutkan Membaca ↓