Sukses

Jadi Pegawai Baru? Ini Cara Meluluhkan Hati Bos dan Teman Baru!

First impression di kantor baru itu penting banget. Yuk, intip cara menciptakan first impression yang positif!

Liputan6.com, Jakarta Ucapan "kesan pertama itu penting" memang benar. Sebab, kesan pertama akan membentuk persepsi orang terhadap diri Anda dalam waktu cukup lama.

Begitu juga saat Anda menjadi pegawai di kantor baru. Anda perlu menciptakan kesan pertama yang positif agar bisa meluluhkan hati atasan dan teman-teman baru. Supaya mereka melihat Anda sebagai seorang pekerja dan team player yang bisa diandalkan, juga teman yang menyenangkan.

Demi menciptakan kesan pertama yang menarik, persiapkan diri Anda, baik dalam hal penampilan maupun sikap. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Penampilan

Setiap perusahaan memiliki regulasi yang berbeda dalam hal pakaian. Ada perusahaan yang mengharuskan pegawainya memakai pakaian formal, tetapi ada pula yang memiliki budaya kasual. Perhatikan lingkungan sekeliling saat wawancara.

Walaupun begitu, sebaiknya gunakan baju formal pada hari pertama Anda bekerja supaya terkesan profesional. Selain itu, hindari menggunakan makeup, aksesoris, dan menata rambut secara berlebihan. Tak perlu terlalu stylish, yang penting terlihat rapi dan sopan.

Berusaha mengenal teman baru

Sebagai anak baru, jangan menunggu untuk dihampiri oleh para senior. Perkenalkan diri ke teman-teman, terutama rekan satu tim. Jangan ragu untuk memulai percakapan dengan mereka, tetapi hindari bersikap sok kenal sok dekat alias SKSD. Ingat, Anda akan menghabiskan banyak waktu dengan mereka setiap harinya, jadi sangat penting untuk bersikap ramah dan menyenangkan.

Good manner

Menampilkan sikap yang baik dan sopan merupakan hal utama dalam menciptakan kesan pertama yang positif. Usahakan hadir tepat waktu, terutama pada bulan-bulan pertama Anda bekerja. Atasan pun akan melihat keseriusan Anda dalam bekerja.

Selalu ucapkan tolong dan terima kasih setiap menanyakan sesuatu atau mendapat bantuan dari rekan kerja. Selain itu, jangan ragu untuk menyapa duluan ketika berpapasan dengan senior.

Hindari membuat komentar atau lelucon yang bersifat rasis dan tidak pantas. Selain tidak sopan, Anda juga belum mengetahui kebiasaan bercanda teman-teman di kantor.

Tunjukkan inisiatif

Biasanya Anda belum memiliki banyak tugas pada hari pertama. Walaupun begitu, jangan menganggur dan terlihat bengong. Anda bisa menawarkan diri untuk membantu tugas anggota tim yang lain. Kesempatan ini pun dapat Anda manfaatkan untuk belajar.

Tak ada salahnya untuk proaktif dan mengerjakan tugas yang tenggat waktunya masih lama. Jika ada yang tidak dimengerti, langsung tanyakan kepada rekan tim atau atasan.

Body language

Bahasa tubuh atau non-verbal tak kalah pentingnya dengan bahasa verbal. Cara Anda berdiri, berjalan, dan memposisikan diri ketika berbicara, dapat menyampaikan begitu banyak makna kepada lawan bicara. Karena itu, perhatikan dengan baik bahasa tubuh Anda.

Hindari berdiri sambil melipat tangan karena menunjukkan sikap defensif. Saat berbicara dengan rekan kerja, tempatkan tangan di sisi tubuh. Sikap ini menampilkan bahwa Anda bersikap terbuka terhadap obrolan lawan bicara.

Jangan lupa untuk selalu tersenyum kepada teman-teman dan atasan baru. Senyum mampu menunjukkan bahwa Anda ramah dan mau berteman dengan banyak orang.

Supaya Anda lebih percaya diri memperlihatkan senyum indah Anda kepada teman dan baru, sikat gigi dengan pasta gigi Darlie Double Action sebelum berangkat kerja. Kombinasi spearmint dan peppermint yang terkandung di dalamnya mampu memberikan sensasi dingin dan napas segar.

Anda tentu akan lebih percaya diri kan untuk mengumbar senyum kalau napasnya segar? Teman-teman dan atasan baru pun tak akan ragu untuk mendekat.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gunakan pasta gigi Darlie Double Action dan ciptakan good first impression yang long lasting!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini