Resor Ini Tawarkan Sensasi Wisata Unik Saat Nyepi di Bali

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 28 Feb 2018, 13:30 WIB
Diperbarui 02 Mar 2018, 13:13 WIB
Rayakan Nyepi di Hotel Ini, Mau Coba?

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan perayaan tahun baru pada umumnya yang gemerlap dan dipenuhi pesta kembang api, tahun baru di Bali dirayakan dengan caranya sendiri. 

Di Bali, Tahun Baru Saka yang disebut dengan Nyepi dirayakan dengan suasana yang sepi dan sunyi. Di hari tersebut, semua penduduk di Pulau Bali harus mematuhi peraturan dan menghentikan semua aktivitas selama 24 jam. Jalanan harus kosong untuk menciptakan suasana hening di seluruh penjuru Pulau Bali, bahkan di tempat wisata yang sibuk sekalipun.

Sebelum perayaan tahun baru tiba, rapat desa yang dikenal dengan nama Banjar, mempersiapkan patung-patung bubur kertas yang disebut Ogoh-Ogoh. Semua patung tersebut dibangun sepanjang minggu jelang tahun baru Saka. Kaum muda bertanggung jawab untuk merancang dan membangun tokoh mitos dengan karya bambu untuk melambangkan ruh jahat yang kemudian dibakar.

2 of 4

Nyepi di Bali

Yandhi Deslataman/Liputan6.com
Pecalang di Banteng jaga perayaan Hari Raya Nyepi

Tiga hari sebelum Nyepi, ada ritual prosesi warna-warni yang dikenal dengan ziarah Melasti. Ini adalah saat berjalan di garis pantai, di mana upacara pemurnian yang rumit terjadi. Kemudian pada malam hari sebelum Nyepi menjadi saat perayaan tahun baru itu sendiri.

Perayaan dimulai dengan berkah di kuil keluarga dan berpartisipasi dalam ritual mengusir kekuatan jahat. Kekuatan jahat ini diusir dengan memukul panci dan wajan atau instrumen keras bersama dengan obor bambu yang berapi-api. Sang iblis dimanifestasikan dengan kata 'ogoh-ogoh' yang diarak sepanjang jalan.

Pesta malam Nyepi biasanya dimulai sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Kehidupan akan berhenti di seluruh pulau pada pukul 06.00 pagi sampai 18.00 pada hari tahun baru Saka. Ada empat larangan yang harus dipatuhi di hari Nyepi, yakni tidak ada api, tidak ada perjalanan, tidak beraktivitas, dan tidak ada hiburan. Ada yang melihatnya sebagai waktu untuk bersantai dan refleksi diri. Sementara ada juga yang menganggap sebagai kesempatan bagi "Ibu Alam" untuk memperbaharui dirinya sendiri.

3 of 4

Sensasi Nyepi di Sheraton Bali Kuta Resort

Rayakan Nyepi di Hotel Ini, Mau Coba?
Sheraton Bali Kuta Resort menawarkan pengalaman berbeda merayakan Nyepi (Liputan6/pool/Sheraton Bali Kuta Resort)

Sebagai tamu hotel, Anda diperbolehkan melakukan aktivitas apapun selama Anda tinggal di tempat. Pejabat Pecalang akan berpatroli di jalan secara bergantian. Mereka tidak segan untuk menangkap penduduk lokal maupun turis yang berkeliaran sepanjang hari Nyepi. Untuk itu, Anda disarankan untuk tetap berada di area hotel atau resor untuk menghindari denda.

Sheraton Bali sebagai salah satu hotel ternama mengambil hari Nyepi sebagai kesempatan untuk menyatukan kembali keluarga dan teman-teman. Anda bisa merayakan saat paling damai di Bali ketika Nyepi di resor mewah bintang lima ini.

Sheraton pun menawarkan paket liburan spesial untuk menikmati ketenangan pulau. Di mana Anda bisa menginap dua malam pada 16 hingga 18 Maret 2018 dengan beragam fasilitas. Anda akan mendapatkan sarapan prasmanan untuk dua orang di Feast Restaurant. Untuk makan siang dan makan malam, Anda bisa mendapatkannya bersamaan dengan minuman ringan, jus, dan kopi gratis. Tak hanya itu, Anda bisa mendapatkan potongan harga sebesar 10 persen untuk menikmai perawatan spa di Shine Spa.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda bisa mendapatkan tempat tidur tambahan untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Anak Anda juga mendapatkan akses gratis ke klun anak-anak di Play@Sheraton, serta botol minum gratis bagi anak-anak yang bisa digunakan untuk isi ulang jus dingin dan cokelat panas secara gratis.

 

4 of 4

Penawaran Menarik

Raih Tiga Penghargaan, Resort Ini Tawarkan Liburan Sesungguhnya
Jadikan pengalaman berlibur Anda kian menyenangkan dengan ragam fasilitas menjanjikan dari Sheraton Bali Kuta Resort.

Berlokasi di Beachwalk yang merupakan tujuan belanja mewah, memudahkan Anda untuk berbelanja. Pasalnya, tempat ini menghadirkan 200 gerai ritel yang dirancang dengan gaya terbuka dan terinspirasi oleh desain sawah Bali. Resor ini juga terletak di jantung Pantai Kuta dan hanya lima kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Sheraton Bali Kuta Resort menawarkan 203 tempat peristirahatan ekslusif. Masing-masing dilengkapi dengan Sheraton Signature Sleep Experience dan balkon pribadi yang luas dengan pemandangan Samudera Hindia. Resor ini juga memiliki pemandangan laut dua lantai dengan pemandangan kontemporer Presidential Suite dengan pendekatan kontemporer interior Bali dan lounge berjemur pribadi.

Anda bisa bersantap mewah dengan tiga tempat terpilih. Anda bisa menikmati makan sepanjang hari dengan dapur terbuka di samping teras Beachwalk yang menghadap ke Pantai Kuta. Selain itu ada Trattoria Italia, di mana para tamu juga dapat menikmati dalam makanan Italia yang otentik, dan The Lounge yang menawarkan menu koktail terinspirasi secara lokal, dengan pengaturan udara terbuka dan pemandangan Samudra Hindia yang menakjubkan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by