4 Keunikan dari Negara India yang Tak Ada di Negara Lain

Oleh Adinda Tri Wardhani pada 27 Feb 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 01 Mar 2018, 10:13 WIB
Chapati, Menu Buka Puasa Spesial dari India

Liputan6.com, Jakarta Masih menempati peringkat kedua sebagai negara dengan penduduk terpadat di dunia, India memiliki banyak keunikan dan daya tarik yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Mulai dari bisnis perfilman mereka yang sangat sukses, hingga kebudayaan India yang dipercaya sebagai salah satu kebudayaan tertua di dunia, karena diprediksi sudah ada sejak 4.500 tahun yang lalu.

Dilansir dari Cashbac, jika Anda ingin traveling ke India dalam waktu dekat, berikut keunikan-keunikan yang ada di India, dan wajib Anda intip.

1.Pakaian khas

Pakaian dengan ciri khas berwarna-warni ini terbuat dari sutra ini kerap muncul di setiap acara. Namun jika kain sari adalah pakaian khusus untuk wanita, ada juga pakaian khas dari India yang bernama Dhoti untuk laki-laki. Pakaian ini merupakan sepotong kain yang menjadi bawahan dan cara menggunakannya dengan diikat pada pinggang.

2. Bahasa

Dengan 28 negara bagian dan 7 wilayah, India memiliki keberagaman budaya yang terlihat dari banyaknya bahasa daerah. Pengadilan Tinggi Gujarat sendiri memiliki keputusan bahwa tidak ada bahasa resmi di India, meskipun pemerintahan menggunakan Bahasa Hindi. Bahkan 59% penduduk India menggunakan bahasa lain selain Bahasa Hindi. Secara resmi total ada 23 bahasa yang telah diakui oleh Konstitusi India. 

 

2 of 3

3. Arsitektur

India
Ilustrasi Taj Mahal India (iStockphoto)

Siapa yang tidak mengetahui bangunan yang masih masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia ini? Dibuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai penghormatan untuk istri ketiganya, Mumtaz Mahal yang meninggal setelah melahirkan anak ke 14. Taj Mahal dibangun dengan percampuran gaya arsitektur Turki, Persia, Ottoman Turki dan juga India sendiri. Namun keindahan bangunan dan seni arsitektur tidak hanya tampak pada Taj Mahal, banyak bangunan dengan keindahan struktur yang mengagumkan di India.

 

3 of 3

4. Makanan

India terkenal memiliki ragam menu makanan yang kaya dengan rempah-rempah dan rasa kari yang begitu kuat. Salah satu bumbu yang biasa digunakan yaitu Chutney yang berasal dari sayuran ataupun buah-buahan segar. Sayangnya tidak banyak tempat di Jakarta yang bisa menawarkan makanan dengan cita rasa asli dari India, namun Anda dapat mencoba D’Bollywood yang ada di daerah Kuningan, Jakarta karena di sini semua menu yang ditawarkan akan disajikan secara otentik.

Lanjutkan Membaca ↓