Sukses

Youth Creative Competition Beri Bimbingan Usaha 10 Proposal Kreatif Terbaik di Yogyakarta

Kegiatan Creative Youth Forum membuka kesempatan pada 260 pemuda yang telah mengikuti pelatihan pengembangan usaha, untuk berkompetisi dalam Youth Creative Competition di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Pemikiran kreatif menjadi salah satu kunci untuk tetap berkembang pada zaman kekinian. Salah satu wadahnya adalah Creative Youth Forum, yang menyelenggarakan Youth Creative Competition oleh UNESCO Jakarta dan Citi Indonesia pada Rabu (14/2/2018) di Yogyakarta. Tidak hanya meningkatkan partisipasi pemuda dan komunitas di sekitar Yogyakarta hingga Candi Borobudur dan Prambanan, kegiatan ini juga mendukung pengembangan 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Kegiatan Creative Youth Forum sendiri juga membuka kesempatan pada 260 pemuda yang telah mengikuti pelatihan pengembangan usaha, untuk berkompetisi dalam Youth Creative Competition. Setelah menerima 125 proposal usaha kreatif, 10 pemuda dengan ide pengembangan usaha terbaik telah dipilih dan diumumkan pada kegiatan Creative Youth Forum untuk menerima hadiah berupa pendapingan pengembangan usaha di Yogyakarta.

"Program ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pemuda yang tinggal di sekitar situs warisan, agar memperoleh pendapatan yang lebih baik sehingga membantu mereka untuk berkontribusi pada perekonomian lokal," ujar Elvera N. Makki, Country Head of Corporate, Citi Indonesia.

Prof. Dr. Shahbaz Khan sebagai Director and Representative UNESCO Jakarta yakin bahwa proyek percontohan yang menjanjikan ini memiliki potensi besar untuk diaplikasikan di semua situs warisan Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO dan berkontribusi melalui keterlibatan pemuda di bidang industri kreatif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Proposal terbaik

10 Proposal terbaik yang akan dibimbing usahanya adalah Avatar Boutique oleh Afifah Ashma' Abdilah, Avatar Studio oleh Apri Susanto, Buntari Keramik oleh sidik Purnomo, Chakil Squad oleh Wisnu Aji Setyo E. & Gambuh, serta Guru Batik oleh Dheni Nugroho. Tidak ketinggalan pula Poci Omah Rekam oleh M. Iqbal Umar & Nikmah Wafira, Rubah di selatan oleh Ahmad Fathkun Nuroni & Gilang Wahyu Apriliawan, Sanggar Seni Kinanti Sekar oleh Kinanti Sekar Rahina, Smart Batik oleh Miftahudin Nur Ihsan, serta Travel Mates oleh Adrian.

 

3 dari 3 halaman

kontribusi kepada Sustainable Developement Program

Para pemenang merupakan para pemuda yang diharapkan mampu berkontribusi kepada Sustainable Developement Program (SDG's) dan menuntun kepada kesuksesan ekonomi. Berbagai program industri kreatif ini hadir dari berbagai sektor kreatif, mulai dari fashion, keramik, pertunjukan seni, film, musik dan pariwisata. Tidak hanya di 4 kabupaten di Yogyakarta dan Jawa Tengah saja, karena nantinya program ini juga akan dilakukan di 5 kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Humbang hasundutan, Samosir, Simalungun, Tanapuli Utara, dan Toba samosir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini