Sukses

Jangan Buang Air Beras, Ini Manfaat Ajaibnya untuk Rambut

Tahukah Anda keramas dengan air beras dapat menjaga kesehatan rambut secara maksimal?

Liputan6.com, Jakarta Ternyata air beras tak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit saja, tapi ternyata juga memiliki banyak manfaat baik untuk rambut.

Keramas menggunakan air beras pertama kali dilakukan secara tradisional oleh masyarakat Jepang yang disebut Yu-Su-Ru. Mereka percaya, cara ini dapat membuat rambut kuat dan sehat.

Melansir dari Byrdie, Jumat (9/2/2018) air beras mengandung asam amino dan vitamin yang dapat membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan lebih bervolume. Selain itu, air beras juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan rambut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khasiat air beras

Menurut ahli, keramas dengan air beras sama halnya dengan ketika Anda keramas menggunakan air bir yang dapat membuat tekstur rambut terasa lembut.

Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah membuat rambut lebih elastis, tak mudah patah, menguatkan batang rambut, menghilangkan ketombe, serta mencegah kerusakan pada butiran rambut.

 

3 dari 3 halaman

Cara membuat air beras

Nah, jika Anda ingin mencoba membuat ramuan air beras sendiri di rumah, caranya sangat mudah. Yang Anda butuhkan adalah satu cangkir beras, saringan dan wadah kosong.

Pertama-tama, campurkan beras dengan satu gelas air, aduk dan cuci hingga warna air berubah menjadi putih susu. Kemudian, saring air ke dalam wadah kosong. Selanjutnya, simpan air beras yang sudah disaring ke dalam toples. Lalu, mulailah keramas dan bilas rambut Anda menggunakan air beras. Selamat mencoba!

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.