9 Arti Bunga Mawar dan Maknanya yang Mendalam Sambut Valentine

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 08 Feb 2018, 15:45 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:20 WIB
ilustrasi bunga mawar

Liputan6.com, Jakarta Bunga mawar menjadi bunga yang identik dengan hari Valentine. Mawar warna merah memang menjadi yang paling populer. Namun tahukah Anda bahwa setiap warna bunga mawar ternyata memiliki makna yang berbeda.

Jelang perayaan Valentine, Anda perlu tahu tentang apa arti bunga mawar dari masing-masing warna, seperti yang dilansir dari Boldsky pada Kamis (8/2/2018). Sehingga Anda tidak salah memberikan mawar. Penasaran? Simak informasinya berikut ini;

2 dari 4 halaman

1. Mawar merah

Ilustrasi Bunga Mawar
Ilustrasi Bunga Mawar (iStockphoto)​

Pesan yang dibawa dari mawar merah cukup jelas, yakni cinta. Mawar ini akan sesuai Anda berikan di hari Valentine karena kebanyakan orang ingin memberikan mawar merah kepada pasangan.

2. Mawar kuning

Mawar kuning ini sering diberkan kepada teman. Warna kuning yang hangat menandakan persahabatan, optimisime dan sikap hangat Anda terhadap teman. Anda pun bisa memberikan mawar ini kepada teman di hari Valentine.

3. Mawar pink

Warna ini dianggap sebagai tanda terima kasih. Mawar pink mampu menyampaikan kebahagiaan, rasa terima kasih, dan kekaguman pada orang tersebut. Mawar ini bisa menjadi cara baru untuk mengungkapkan rasa syukur.

3 dari 4 halaman

4. Mawar putih

Ilustrasi Bunga Mawar
Ilustrasi Bunga Mawar (iStockphoto)​

Jangan bingung ketika Anda berseteru dengan seseorang, lawan Anda mengirimkan bunga mawar putih. Ini menjadi tanda perdamaian yang ia ajukan.

5. Mawar oranye

Mawar ini memiliki makna emosi intens seseorang untuk orang yang spesial. Warna ini berarti emosi, gairah, dan energi yang membara. Anda bisa mencampur mawar oranye dengan mawar warna lain untuk memberikan kesan gairah pada bunga yang akan diberikan.

6. Mawar peach

Mawar ini menandakan kesan cinta pertama. Jika Anda sedang menyukai seseorang dan ingin menyampaikan perasaan Anda padanya, berikan saja bunga mawar berwarna peach atau pink muda.

4 dari 4 halaman

7. Mawar salmon

Ilustrasi Bunga Mawar
Ilustrasi Bunga Mawar (iStockphoto)​

Mawar ini mengungkapkan keinginan dan kegembiraan pasangan Anda. Mawar ini memiliki warna lebih merah dari jeruk namun lebih gelap dari peach.

8. Mawar pink tua

Mawar ini menunjukkan rasa syukur dan penghargaan. Warna ini juga menunjukkan rahmat.

9. Mawar burgundy

Mawar ini dianggap sangat romantis. Mawar ini pun menandakan gairah yang sangat dalam bahkan melebihi mawar merah. Memberikan mawar ini akan menjadi pilihan paling cocok untuk Valentine atau acara romantis lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓