Sukses

Menikmati Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon Maksimal di Ancol

Kami menyaksikan gerhana bulan total Super Blue Blood Moon dari Ancol, dari mulai sholat gerhana sampai antrean melihat dengan teropong

Liputan6.com, Jakarta Gerhana bulan total Super Blue Blood Moon, dipusatkan pengamatannya di Pantai Ancol, Le Bridge. Pantauan Liputan6.com, Rabu (31/1/2018) ratusan siswa dari Sekolah Rakyat Ancol ikut meramaikan dengan salat gerhana berjamaah yang dilanjutkan dengan pengamatan dan edukasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Suaidi Ahadi, Kepala Sub Bidang Geofisika Potensial dan Tata Waktu saat ditemui Liputan6.com mengatakan, gerhana bulan kali ini jadi momen penting untuk wisata foto, mengingat kali ini gerhana bulan sangat dekat dengan bumi, dan menjadi super blue blood moon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerhana Bulan di Ancol

"Semenjak Gubernur Anies Baswedan memberikan instruksi untuk aktif memberikan tempat untuk pengamatan gerhana bulan, semua jadi rame. Ini bagus untuk membangkitkan wisata astronomi," ungkap Suaidi.

Jika melihat negara-negara maju, gerhana bulan memang menjadi fenomena alam yang mampu menarik kunjungan wisata. BMKG sendiri melakukan pengamatan yang menggandeng tempat-tempat wisata di 24 titik di seluruh Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Antre Lihat Gerhana Bulan dari 2 Teropong

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol sendiri, sebagai salah satu dari tujuh tempat pengamatan di Jakarta, membuka akses masuk Ancol gratis bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Tak hanya itu, pihak Ancol bersama BMKG sendiri telah menyediakan dua teropong besar untuk menyaksikan gerhana bulan total yang dapat digunakan wisatawan untuk melakukan pengamatan dari pantai Ancol. Antrean juga sudah diatur sehingga wisatawan bisa dengan nyaman menyaksikan fenomena alam langka tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.