Sukses

5 Cara Efektif Atasi Kantuk Saat Aktivitas Padat

Atasi rasa kantuk dengan 5 cara efektif dan sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Datangnya rasa kantuk adalah tanda bahwa tubuh perlu istirahat dari segala aktivitas yang sudah dijalani seharian. Cara terbaik yang harus dilakukan adalah pergi istirahat dan tidur.

Namun, terkadang aktivitas atau pekerjaan yang padat kerap kali membuat Anda kurang tidur harus menahan kantuk. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Melansir dari laman Bright Side, Rabu (31/1/2018) Anda bisa mencoba lima cara efektif berikut untuk mengatasi rasa kantuk yang melanda di tengah aktivitas padat.

1. Hindari banyak minum kopi atau minuman berenergi

Kedua jenis minuman tersebut memang bisa mengembalikan energi ketika tubuh lelah. Namun sayangnya, hanya bersifat sementara. Tubuh akan terasa sangat lemas dan lelah di keesokan paginya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sarapan es krim di pagi hari

Ilustrasi Foto Es Krim (iStockphoto)

Meskipun terdengar tidak biasa, namun es krim terbukti dapat 'membangunkan' otak Anda. Bukan karena kandungan gulanya, tapi suhu dingin dari es krim dapat mengubah rasa kantuk jadi lebih semangat. Tapi, jangan jadikan sarapan es krim menjadi kebiasaan, ya.

3. Lakukan olahraga ringan di pagi hari

Tak perlu melakukan olahraga berat di pagi hari. Anda cukup melakukan 3 hingga 5 gerakan sederhana untuk menambah energi pada tubuh.

 

3 dari 3 halaman

4. Mandi dengan air hangat

Ilustrasi Mandi (iStockphoto)

Mandi dengan air hangat dapat mengatasi rasa lelah dan kantuk. Anda pun bisa menambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus atau minyak esensial ke dalam air mandi. Aroma yang menyengat dari minyak yang dicampurkan akan memberikan efek relaks.

5. Makan sedikit gula

Makan terlalu banyak gula justru dapat menyebabkan rasa kantuk datang tak terduga. Jika Anda ingin makan makanan yang manis sebelum beraktivitas, sebaiknya makan buah-buahan dengan rasa manis yang alami.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.