10.000 Pohon Kopi Gunung Puntang Ditanam di Desa Mekar Jaya

Oleh Ahmad Ibo pada 30 Jan 2018, 06:00 WIB
Kopi Gunung Puntang

Liputan6.com, Jakarta Pamor kopi Gunung Puntang Jawa Barat makin melejit saat kopi ini didapuk sebagai juara dalam Speciality Coffe Associationn of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, pada 2016 lalu. Tak heran jika Len Industri, salah satu perusahaan BUMN melakukan penanaman kopi jenis ini di Desa Mekar Jaya.

Direktur Utama PT Len Industri, Zaky Gamal Yasin bersama jajaran manajemen serta direksi anak perusahaan didampingi Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan secara simbolis ikut menanam pohon kopi Gunung Puntang, Senin (29/1/2018).

Gun Gun Gunawan menurut informasi yang diterima Liputan6.com mengatakan,  tujuan penanaman 10.000 pohon kopi ini adalah untuk mendukung komoditi lokal kopi Gunung Puntang yang kualitasnya sudah mendunia.

“Ini juga dalam rangka menyejahterakan para petani warga Desa Mekar Jaya,” kata Gun Gun.

 

2 of 3

Pelestarian Lingkungan

Lebih Menjanjikan, Petani Kopi Bengkulu Gunakan Vietnam Stek
Petani kopi Kabupaten Kepahiang Bengkulu mulai meremajakan pohon kopi tua dengan sistem stek varietas unggul (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Sementara itu, Zaky Gamal Yasin mengatakan,  sebagai BUMN, pelaksanaan program CSR Perseroan tidak mengejar keuntungan, tetapi memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat serta lingkungan tempat di mana perusahaan beroperasi.

“Harapan kami yakni terciptanya hubungan yang harmonis antara Perusahaan dengan lingkungan dan memberikan manfaat untuk masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam menghijaukan Indonesia,” ungkap Zaky.

 

3 of 3

Program CSR

Nikmatnya Kopi Nusantara Autentik di Sajian Kafe Ekslusif
Djournal Coffee mengangkat budaya kopi Indonesia dengan meluncurkan koleksi kopi terbarunya, Kopi Nusantara. (iStockphoto)

Penanaman pohon sendiri merupakan salah satu kegiatan CSR perusahaan selain program lainnya, seperti pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan drainase, serta BUMN Mengajar dan program tanggap darurat bencana alam.

Len Industri sudah melakukan penanaman berbagai jenis pohon sejak tahun 2012 dan terus menanam setiap tahunnya sampai tahun 2018 ini sudah ratusan ribu pohon di tanam di wilayah kabupaten Bandung.

 

Lanjutkan Membaca ↓