Bill Gates Bayarkan Jutaan Dollar Hutang Vaksin Polio Nigeria

Oleh Liputan6.com pada 25 Jan 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2018, 17:13 WIB
Bill Gates

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya dikenal sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates juga dikenal luas sebagai seorang filantropis yang mendonasikan kekayaannya pada berbagai macam program amal.

Melansir halaman CNBC pada Kamis (25/1/18), Bill Gates melalui yayasannya akan membayar hutang Nigeria sebanyak 76 juta dollar Amerika atau setara 1 triliun rupiah yang dipergunakan untuk vaksinasi polio kepada warga negaranya.

Pelunasan hutang tersebut akan dilakukan selama 20 tahun dimulai dari tahun ini. Pada tahun 2014, Nigeria meminjam uang dari Jepang untuk mendanai program vaksinasi polio. Bill Gates & Melinda Gates Foundation setuju untuk membayarkan hutang tersebut setelah Nigeria berhasil melakukan vaksinasi pada lebih dari 80% areanya.

 

2 of 3

Kasus Polio

Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOEL SAGET)

Pada tahun 2017, tak ada kasus polio yang dilaporkan di negara itu. Ini adalah perubahan drastis dibanding tahun 2012. Di mana separuh dari total kasus polio di seluruh dunia terjadi di Nigeria. Untuk keberhasilan Nigeria dalam melawan penyakit polio, Bill Gates mengucapkan terima kasih pada jutaan petugas pemberi vaksin yang pergi dari pintu ke pintu untuk mengimunisasi 2,5 milyar anak-anak.

 

3 of 3

Dana besar untuk mengatasi wabah virus polio

Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOSHUA LOTT)

Tahun lalu, yayasan milik Bill Gates mengeluarkan dana sebanyak 3 milyar dollar Amerika atau sekitar 39,9 trilyun rupiah untuk membantu penghentian penyebaran penyakit polio dan menyebut bahwa penghapusan kasus polio merupakan salah satu prioritas utamanya. Pada tahun 1988, virus polio hadir di lebih dari 125 negara dan membuat sekitar 1.000 anak lumpuh setiap harinya. Kini kasus polio sudah berkurang sebanyak 99% dibanding saat itu.

Bio In God Bless

Lanjutkan Membaca ↓