Sukses

5 Trik Hemat yang Harus Anda Coba untuk Menghemat Keuangan

Ingin mengatur keuangan agar lebih hemat dan bermanfaat? Ini tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Banyak resolusi baru yang bermunculan setiap awal tahun datang, tidak sedikit juga yang ingin memiliki tabungan lebih banyak dan kondisi keuangan yang lebih baik di tahun yang baru. Namun ironisnya kebanyakan anak muda di kota besar sudah menghabiskan sebagian besar uang mereka saat pergantian tahun baru kemarin. Apakah Anda salah satunya?

Daripada menyesal karena resolusi menabung yang terasa makin sulit dan kondisi keuangan berantakan, ada beberapa tips yang bisa Anda coba di awal tahun agar tabungan bisa bertambah sedikit demi sedikit.

1. Kurangi Jajan

Tidak ada yang salah dengan jajan ataupun makan di luar. Namun jika Anda termasuk orang yang loyal, tanpa disadari jajan adalah salah satu perilaku konsumtif yang menyenangkan. Bayangkan jika dalam sehari Anda memiliki anggaran keuangan untuk makan siang dan malam sebesar 100 ribu. Di luar anggaran tersebut, Anda juga suka jajan minimal sekali dalam sehari dengan nominal 40 ribu. Jika dalam seminggu saja Anda sudah menghabiskan 200 ribu, berarti dalam sebulan hampir 1 juta Anda habiskan hanya untuk jajan. Jadi sudah bisa dihitung kan berapa uang yang bisa Anda simpan dalam sebulan hanya dengan mengurangi jajan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hitung Pengeluaran Bulanan

Ilustrasi Mengelola Perencanaan Keuangan (iStockphoto)

Setiap bulan tentunya akan ada pengeluaran pasti seperti membeli pulsa ataupun membayar cicilan. Dengan merencanakan apa saja pengeluaran dalam sebulan ke depan, Anda dapat mengukur dan memotong manakah pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu penting untuk segera dikurangi. Dalam kegiatan sehari-hari pun Anda dapat menjadikan catatan pengeluaran keuangan bulanan ini sebagai landasan untuk mengambil keputusan, manakah hal yang penting atau tidak untuk dilakukan.

3. Bandingkan Harga

Jangan malu dan malas untuk membandingkan harga. Terkadang memang selisih harga barang yang terlihat tidaklah terlalu jauh, namun jika Anda jumlahkan semua barang tersebut maka nilai dari selisih yang dapat Anda kumpulkan juga akan menjadi lebih banyak.

 

3 dari 3 halaman

4. Jual Barang yang Tidak Terpakai

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Kamar mulai terasa penuh? Berarti sekarang waktunya bersih-bersih dan memilih manakah barang yang bisa Anda pakai dan perlukan. Sementara untuk beberapa barang yang sudah tidak terpakai jangan ragu untuk menjualnya karena bisa mendapatkan uang tambahan.

5. Gunakan Aplikasi Pendukung Finansial

Ini yang paling mudah dan tidak perlu repot, yaitu dengan menggunakan aplikasi pendukung finansial pada smartphone. Coba aplikasi yang bisa memberikan cashback setiap melakukan transaksi seperti Cashbac.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini