Sukses

Sukses Dalam Berkarier di 2018, Ikuti Tips Ini

Simak tips sukses agar karier kian cemerlang berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Resolusi tahun baru terlihat seperti sebuah kesempatan untuk memulai kebiasaan baru untuk mendapatkan karier yang ideal dan kemudian yang lebih baik. Namun bagaimana jika ada kebiasaan yang sulit Anda lepaskan dan kebiasaan tersebut menghalangi Anda? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengubah cara berpikir Anda soal resolusi dengan "Anti Resolusi".

Menurut Mike Verdy, seorang penulis buku berjudul "The Front Nine: How to Start the Year You Want Anytime You Want" mengatakan memiliki daftar hal-hal yang tidak akan dilakukan lebih mudah untuk dicapai. Anti resolusi ini sebenarnya adalah cara berpikir baru tentang resolusi tahun baru terutama untuk urusan karier. Di mana Anda justru menyusun daftar hal-hal yang tidak akan Anda lakukan, bukan menyusun daftar hal-hal yang Anda akan capai. Dilansir dari theladders pada Kamis (18/1/2018), berikut daftar anti resolusi yang bisa Anda lakukan sepanjang 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Jangan gunakan teknologi tanpa berpikir

Teknologi memang menghubungkan Anda dengan seseorang di zona waktu yang berbeda. Namun teknologi menjadi hal adiktif dan mengganggu pekerjaan Anda. Anda harus mulai lebih cerdas dalam menggunakan teknologi. Pikirkan kapan Anda benar-benar perlu menggunakannya sebagai alat untuk membantu kehidupan sosial dan pekerjaan Anda. Bila digunakan secara sembarangan, teknologi justru mampu merusak hubungan pertemanan bahkan pekerjaan Anda.

Jika Anda merasa tidak terlalu perlu menggunakan teknologi apapun, lebih baik tidak digunakan. Luangkan waktu Anda untuk memberi perhatian lebih terhadap apa yang teman Anda katakan ketika bekerja.

2. Jangan bertindak kasar pada sesama rekan kerja

Jika Anda bertindak kasar terhadap rekan kerja akan berpengaruh pada performa kerja. Ini juga berpengaruh pada kepercayaan diri dan menyebabkan Anda melakukan kesalahan lainnya dengan lebih ceroboh. Sebuah studi mengatakan bahwa pernyataan kasar membuat seseorang cenderung melakukan kesalahan lainnya.

Selain itu, dengan bertindak kasar juga berpengaruh pada suasana hari seseorang terutama jika terjadi pada pagi hari. Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology mengatakan orang yang menyaksikan kejadian kasar secara psikologis akan mengalami kemunduran dalam pekerjaan. Anda harus belajar untuk menahan emosi ketika bekerja dalam tim. Berperilaku baik kepada rekan kerja dan klien bukan hanya sekadar hal sopan namun juga penting bagi produktivitas dan kesuksesan tim.

3 dari 3 halaman

3. Jangan membuat kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari

Untuk meningkatkan karir Anda, Anda perlu menjalin hubungan baik dengan klien dan juga rekan kerja. Namun, kebanyakan orang melakukan kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari dalam membangun jaringan kerja.

Sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah ini. Misalnya saja, ketika mengirimkan email. Anda perlu memperhatikan isi email yang Anda buat dan juga subjek emailnya. Anda harus menjelaskan apa yang Anda inginkan sejelas mungkin sehingga usaha Anda untuk meningkatkan karir pun juga berhasil.

4. Jangan menjadi gila kerja

Orang-orang termasuk dalam golongan ini disebut martir kerja. Mereka adalah orang-orang yang melupakan liburan dan istirahat saat bekerja. Penelitian mengatakan kerja keras sendirian tidak akan membuat Anda benar-benar produktif.

Sebuah studi pun menunjukkan orang yang melakukan istirahat ketika bekerja akan mengalami kepuasan kerja yang lebih tinggi dan meningkatkan produktivitas. Karyawan yang berlibur tidak hanya memanfaatkan jatah cuti namun juga berpotensi untuk mendapatkan kenaikan gaji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini