Hal-Hal Aneh yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Mimpi

Oleh Annissa Wulan pada 17 Jan 2018, 23:03 WIB
Diperbarui 19 Jan 2018, 22:13 WIB
Tidur Nyenyak Tidur Pulas

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering mengalami mimpi, seperti terbang atau jatuh dari ketinggian. Mulai dari mimpi yang sangat aneh hingga misterius, para peneliti telah berusaha menganalisis mimpi sejak lama.

Dilansir dari grudge.com, Rabu (17/1/2018), berikut ini adalah beberapa hal aneh yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya tentang mimpi. Penasaran?

1. Orang buta memiliki lebih banyak mengalami mimpi buruk

Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan bahwa orang buta sejak lahir masih memiliki kesan visual dalam mimpinya. Selain itu, orang buta juga memiliki lebih banyak mimpi buruk, seperti tersesat dan tertabrak mobil.

2. Anda bisa mengontrol mimpi

Ketika terlibat dalam sebuah masalah, Anda bisa tanpa sengaja memimpikannya untuk menemukan solusi. Mimpi terbaik untuk memecahkan masalah adalah yang memiliki komponen visual dan pemikiran konvesional.

Pikirkan sebelum tidur dan coba untuk menciptakan gambaran yang lebih jelas. Pastikan juga Anda memikirkan mimpi tersebut saat terjaga, sehingga bisa mengambil manfaat untuk dipelajari.

3. Anda bisa mengontrol apa yang dilakukan dalam mimpi

Dalam mimpi jernih, Anda bisa sadar jika sedang bermimpi dan dapat mengendalikan apa yang sedang dilakukan. Ada banyak cara untuk menginduksi mimpi jernih, salah satunya dengan pengujuan realitas, bertanya pada diri sendiri sepanjang hari, dan mencari petunjuk ketika bangun.

Sebelum tidur, katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan mengingat mimpi. Sadari bahwa itu adalah mimpi dan bayangkan yang ingin Anda lakukan, ulangi sampai berhasil.

 

 

2 of 3

4. Bayi tidak bermimpi

Mendengkur atau Mengorok
Ilustrasi Foto Tidur Mendengkur atau Mengorok (iStockphoto)

Ketika tidur, bayi berusaha membangun jalur tidur di otak dan mengembangkan kemampuan bahasa mereka. Dengan perkembangan otak yang terjadi, tidak akan ada banyak kekuatan otak yang tersisa untuk menciptakan mimpi.

Bayi tidak bermimpi sampai usia mereka mencapai 4 dan 5 tahun. Bahkan setelah usia tersebut, mimpi mereka tidak memiliki karakter, kenangan, dan emosi.

Sampai usia 7 atau 8 tahun, ketika anak-anak merasa memiliki identitas, mimpi mereka akan memiliki alur cerita. Sadarkah Anda tentang hal ini?

5. Mimpi membantu Anda belajar

Mimpi juga bisa membantu Anda belajar. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang tidur dan bermimpi memiliki kinerja yang meningkat.

6. Tubuh di dalam mimpi tidak sama dengan tubuh yang sebenarnya

Sebuah penelitian menemukan bahwa tubuh di dalam mimpi berbeda dengan versi kenyataanya.

3 of 3

7. Mimpi tidak ada hubungannya dengan kamus mimpi

Mendengkur atau Mengorok
Ilustrasi Foto Tidur Mendengkur atau Mengorok (iStockphoto)

Ketika mendapatkan mimpi, Anda seringkali membuka kamus mimpi untuk mencari artinya, benar? Jika iya, cara ini kurang tepat

Faktanya, mimpi adalah sesuatu yang benar pribadi, akan berbeda satu dengan orang lainnya. Mimpi sebenarnya mencerminkan pengalaman, pemikiran, dan emosi Anda.

8. Mimpi membuat Anda semakin kreatif

Karya kreatif dan berbagai penemuan biasanya berasal dari mimpi. Berbagai penelitian menemukan korelasi positif antara mimpi dan kreativitas.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by