Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?

Oleh Unoviana Kartika Setia pada 15 Jan 2018, 17:35 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:12 WIB
Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?

Liputan6.com, Jakarta Profesi barista semakin dikenal belakangan ini. Hal ini tidak terlepas dari tren minum kopi yang semakin marak hingga ke generasi muda.

Barista biasanya memiliki citra keren dengan pakaiannya yang dilengkapi apron. Terampil mengoperasikan mesin kopi hingga karismatik dalam menyajikan kopi.

Banyak anak muda pun mendambakan menjadi seorang barista. Hanya saja, ternyata profesi ini tidak semudah yang dibayangkan. Tanggung jawab, keterampilan, dan kebersihan seorang barista sangat menentukan kerjanya.

Kompetisi barista seperti Indonesia Coffee Event, berupaya meningkatkan kualitas barista agar sesuai dengan standar internasional. Sebab, profesi barista bukan main-main dan bahkan dapat menjadi ujung tombak sebuah usaha kopi.

 

2 dari 3 halaman

Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?

Indonesia Coffee Event 2018, Saat Kopi Ciptakan Kebersamaan
Dari diskusi di warung kopi, terciptalah ide-ide yang dapat memajukan bangsa. (Liputan6.com/Unoviana Kartika Setia)

"Di luar negeri sudah biasa seorang barista menjadi ujung tombak usaha kopi, kami ingin membentuk kesadaran ini di Indonesia bahwa profesi barista bisa sangat penting," ujar Yoshua Tanu, pemenang Indonesia Barista Championship tiga tahun berturut-turut di Jakarta, pekan lalu.

Syarat untuk menjadi barista keren terjadi tidak hanya dapat menyajikan kopi enak, ia juga harus perlu memperhatikan teknik dan kebersihan.

Sebenarnya tugas barista sangat komprehensif dari mulai mencari kopi terbaik, dapat menjelaskan kopi yang dipilihnya, menguasai alat-alat yang digunakan, menjalankan teknik meracik kopi dengan baik dan bersih, dan menyajikan kopi dengan rapi.

 

3 dari 3 halaman

Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?

Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?
Ternyata profesi ini tidak semudah yang dibayangkan. Apa saja syaratnya? (Liputan6.com/Unoviana Kartika Setia)

"Di kompetisi barista ini semua aspek dinilai dari mulai teknik hingga rasa kopi yang disajikan. Ini untuk meningkatkan kualitas barista Indonesia karena pemenangnya akan berlaga di kompetisi dunia," ujar Mira Yudhawati, juri Indonesia Coffee Event.

Hal-hal kecil seperti lupa menekan tombol yang mengeluarkan residu kopi di mesin espresso, hingga bubuk kopi yang berceceran akan mendapatkan nilai minus dari juri. Sehingga barista terbaik tidak akan melakukannya.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Kue Mirip Tisu Toilet Laku Dijual di Jerman