Sukses

Rehab Jiwa dan Raga di Kolam Pemandian Cirahab

Dingin dan menyegarkan, sensasi mandi di aliran air pegunungan yang jernih di tengah perkampungan asri.

Liputan6.com, Jakarta Berlokasi di Desa Cirahab, Kecamatan Pedarincang, Kebupaten Serang, Banten, Kolam Pemandian Cirahab merupakan tempat wisata keluarga seru bagi Anda yang gemar bermain air. Sekitar satu jam perjalanan dari Kota Serang, lokasi kolam pemandian ini berada di desa yang masih sangat asri. Terlebih, sumber airnya berasal dari pegunungan sehingga masih jernih dan alami.

"Dulu ini saya nyuci baju di sini waktu kecil. Dulu enggak sebesar ini kolam nya," kata Jihan, warga setempat, saat ditemui Liputan6.com di lokasi pemandian, akhir pekan kemarin. 

Perjalanan dari Kota Serang bisa melalui rute ke arah perempatan Pal Lima, lalu mengambil arah Ciomas-Padarincang. Sesampai di pertigaan Pasar Ciomas, berbelok ke kanan.

Suasana perjalanan dengan pemandangan persawahan, Gunung Karang dan Gunung Pulosari, membuat lamanya perjalanan tak terasa bagi pengendara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Perlu Bayar Mahal

Untuk masuk ke lokasi kolam pemandian tak perlu merogoh kocek mahal-mahal. Hanya dengan membayar parkir Rp 25.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk motor, Anda sudah bisa merasakan sensasi kesegaran mandi di tengah perkampungan yang masih asri.

Bahkan, bebatuan di dasar dan ikan bisa terlihat karena jernihnya air. Karena itu, jangan segan untuk berlama-lama menikmati kesegaran aliran air dari pegunungan sekitar.

"Dingin, enggak kuat kalau lama-lama renang. Tapi emang enak di sini, masih sepi," kata Rinto, wisatawan asal Kota Serang, saat ditemui di lokasi.

Namun, karena masih dikelola secara tradisional oleh warga kampung sekitar, kondisinya belum tertata secara rapi. Sampah masih banyak berserakan di berbagai sisi dan lokasi sekitar kolam renang masih sering becek saat air meluber.

"Ya harusnya dibersihin sampah-sampahnya. Terus biar enggak becek kaya gini ditata gimana gitu. Kita kan udah bayar ini soalnya," kata Agus Tri, wisatawan asal Kasemen.

 

3 dari 3 halaman

Ada 3 Kolam Pemandian

Pemandian alam Cirahab memiliki tiga kolam. Pertama adalah Kolam Batu Cinta. Dinamai begitu oleh banyak orang, karena jika dilihat dari kolamnya, dibuat dari bebatuan dan disusun menyerupai jantung hati. Biasanya pengunjung yang mandi adalah sepasang kekasih yang sedang berlibur.

Kedua, kolam khusus anak-anak. Bagi keluarga yang berkunjung ke Cirahab tidak perlu khawatir karena di sana juga ada kolam yang dangkal dan cocok untuk anak-anak. Namun, anak-anak yang berenang tetap perlu dalam pengawasan orang tua.

Yang ketiga, kolam umum. Kolam ini sengaja dibuat dengan kapasitas yang besar karena kolam ini untuk semua kalangan pengunjung, atau rombongan wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini