Sukses

Tips Praktis Bersihkan Dispenser Air Sendiri

Anda perlu menjaga dispenser air supaya tetap bersih. Berikut cara termudah membersihkan dispenser.

Liputan6.com, Jakarta Dispenser air merupakan salah satu perabot rumah yang fungsinya sangat penting. Minum menjadi lebih mudah dengan alat rumah tangga satu ini.

Namun, karena kerap terkena air, alat ini juga rentan menjadi sarang bakteri. Jika dibiarkan kotor, Anda bisa saja mengorbankan kesehatan.

Untuk itu, Anda perlu menjaga dispenser air supaya tetap bersih. Berikut tips membersihkan dispenser dengan mudah bagi pemula, melansir dari laman Do It Yourself, Jumat (12/1/2018).

1. Lepaskan bagian-bagiannya dengan obeng

Dispenser air memiliki banyak bagian-bagian. Anda dapat melepaskannya satu persatu dengan obeng untuk mempermudah pembersihan. Namun biasanya dispenser memiliki bagian paling besar yang mudah dibersihkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Praktis Bersihkan Dispenser Air Sendiri

2. Gunakan air

Untuk membersihkan dispenser air paling dasar, Anda dapat memanfaatkan tekanan air. Pastikan Anda menyemprot semua sis dispenser. Gunakan sabun cuci agar hasilnya lebih maksimal dan bilas dengan air lagi.

3. Gunakan bleach

Dua sendok makan bleach dapat dicairkan ke dalam satu galon air. Larutan ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak enak pada dispenser. Untuk menghilangkan noda, jangan langsung bilas bleach. Diamkan beberapa saat setelah dituangkan ke badan dispenser kemudian baru dibilas.

 

3 dari 3 halaman

Tips Praktis Bersihkan Dispenser Air Sendiri

4. Gunakan cuka

Dengan metode ini, Anda perlu mengeringkan dispenser paling tidak 24 jam. Gunakan cuka putih untuk tujuan pembersihan. Larutkan cuka dan air dengan komposisi 1:1. Kemudian semprotkan pada dispenser Anda, kemudian bilas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini