Sukses

Ini Alasan Selalu Mengantuk Setelah Makan Siang

Simak di sini jika Anda penasaran mengapa selalu mengantuk setelah makan siang, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Ya, masalah yang dialami banyak orang, mengantuk setelah makan siang. Dan hal ini ternyata merupakan satu hal yang normal, menurut Robbie Clark, ahli diet dan gizi olahraga, seperti dilansir dari huffingtonpost.com, Kamis (11/1/2018).

Ada beberapa alasan mengapa Anda mengantuk setelah makan siang, namun yang pasti, masalah utamanya adalah karena proses pencernaan. Tubuh menggunakan banyak energi untuk mencerna makanan, berfungsi, dan bertahan.

Selain itu, alasan lainnya adalah karena jumlah insulin yang diproduksi setelah mengonsumsi makanan tertentu, yang dapat memicu hormon bahagia dan tidur. Ada sekitar 90 persen serotonin tubuh yang ditemukan di usus.

Ide yang sangat baik untuk selalu mendengarkan tubuh Anda sendiri, makan saat lapar, dan berhenti ketika merasa kenyang. Faktor lainnya yang bisa menyebabkan mengantuk setelah makan siang adalah jika Anda menderita alergi makanan atau intoleransi, yang biasanya terkait dengan masalah pencernaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan mengapa Anda selalu ngantuk setelah makan siang

Akhirnya, makan secara berlebihan juga akan membuat Anda mengantuk setelah makan siang, karena tubuh harus bekerja lebih keras, memanfaatkan energi untuk memecah makanan tersebut. Dan meskipun semua makanan dicerna dengan cara yang sama, tidak semua makanan mempengaruhi tubuh dengan cara yang sama.

Studi telah membuktikan bahwa ceri dapat mempengaruhi kadar melatonin, hormon yang bertanggung jawab terhadap rasa mengantuk. Untuk menghindari mengantuk di siang hari, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

3 dari 3 halaman

Alasan mengapa Anda selalu ngantuk setelah makan siang

1. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan sangat baik dan penting bagi tubuh dan pikiran, mengurangi kelelahan di kemudian hari.

2. Makan makanan kecil sepanjang hari

Makan besar membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna, Anda harus mencoba untuk makan makanan kecil sepanjang hari.

3. Memilih makanan seimbang

Jangan memilih makanan olahan dan bertepung, pilihlah makanan seimbang untuk menghindari tingkat energi yang merosot.

4. Pergi keluar atau bergerak

Jangan hanya menikmati makan siang di dalam kantor, cobalah berjalan keluar untuk sekalian berjalan-jalan.

5. Periksa ke dokter

Jika Anda terus menerus mengalami kelelahan pada siang hari, cobalah datangi profesional atau dokter untuk memeriksakan diri. Masih sering mengantuk setelah makan siang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.