Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days Selesaikan Misi Terakhir

Oleh Ahmad Apriyono pada 05 Jan 2018, 14:51 WIB
7 Summits Indonesia in 100 Days

Liputan6.com, Jakarta Jumat dini hari, tepat pukul 00.30 WIB, tim 7 Summits Indonesia in 100 Days bertolak menuju Nabire, Papua, untuk menyelesaikan misi terakhirnya, yaitu menapaki puncak Cartenz Pyramid yang merupakan gunung paling tinggi di Indonesia.

Menurut pantauan tim Liputan6.com, tim ekspedisi akan memulai pendakian via Desa Sugapa yang dimulai besok, 6 Januari 2018. Hari ini tim terus mempersiapkan diri dan mengecek kembali kebutuhan, peralatan, dan perlengkapan pendakian.

Pantauan terakhir, cuaca di Papua masih bersahabat meski hujan ringan kerap terjadi di sore hari. Rencananya ekspedisi Gunung Cartenz akan menghabiskan waktu hingga 18 hari sampai kembali ke Desa Sugapa.

 

2 of 3

Bukan untuk Pemula

7 Summits Indonesia in 100 Days
Foto: Dok. Tim Ekpedisi 7 Summits in 100 Days.

Tri Hardiyanto, juru bicara tim ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days, Kamis (4/1/2017) mengatakan, Gunung Cartenz bukan untuk pemula, treknya membutuhkan kemampuan teknikal pemanjatan dan pendakian.

“Ini salah dari dari 7 summit dunia, dan puncak tertinggi Indonesia ini punya cuaca yang berubah-ubah cepat. Di beberapa bagiannya bahkan kerap terjadi hujan salju, sehingga kami membutuhkan persiapan yang sangat matang sebelum melakukan pendakian,” ungkap Tri.

Tri sendiri mengakui, sulitnya medan membuat tim ekspedisi perlu melakukan pemantapan persiapan terakhir dengan berlatih teknikal pendakian di Tebing Ciampea, Bogor, beberapa waktu lalu.

“Latihan yang dilakukan lebih spesifik kepada tekhnikal pendakian secara ascending menyesuaikan medan seperti di Cartensz Pyramid,” kata Tri.

Tim ekspedisi mengharapkan, dengan persiapan yang matang, misi menyelesaikan 7 Summits Indonensia in 100 Days akan berjalan lancar dan mulus.

 

3 of 3

Menanti 4 Rekor Baru

7 Summits Indonesia in 100 Days
Foto: Dok. Tim Ekpedisi 7 Summits in 100 Days.

Jika tim ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days berhasil menapaki Gunung Cartenz di Papua, maka 4 rekor baru dalam dunia ekspedisi gunung akan terpecahkan. Pertama, akan ada pemecahan rekor secara tim sebagai pendaian 7 summits Indonesia tercepat, yaitu 100 hari. Kedua, Anton Apriyantono akan menjadi pendaki tertua yang bisa menyelesaikan 7 summits Indonesia, di usianya yang menginjak 58 tahun. Ketiga, Tri Hardiyanto akan menjadi pendaki pria termuda yang berhasil menyelesaikan 7 summits Indonesia, dan keempat, Mila Ayu Hariyanti akan menjadi pendaki perempuan termuda dalam sejarah yang berhasil menjamahi tujuh gunung tertinggi di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓