Sukses

4 Hewan Peliharaan yang Tak Membutuhkan Anggaran Perawatan Besar

Ingin memiliki hewan peliharaan namun anggaran terbatas? Pilih 4 hewan ini karena tak membutuhkan anggaran besar.

Liputan6.com, Jakarta Ketika melihat hewan peliharaan seperti kucing atau anjing yang lucu di televisi, pernahkah terlintas keinginan untuk memelihara binatang itu di rumah? Tapi, tanggung jawab punya hewan peliharaan itu besar. Tak hanya harus memberi makan dan tempat tidur, ada biaya perawatan serta pencegahan penyakit yang mesti ditanggung. Belum lagi kalau hewan itu jatuh sakit.

Namun bukan berarti pasti boros kalau punya hewan peliharaan di rumah. Bagaimana kalau memelihara hewan selain kucing dan anjing yang memang terkenal mahal? Mungkin Anda bisa memilih empat hewan peliharaan di bawah ini.

Dikutip dari DuitPintar.com, berikut perkiraan harga binatang peliharaan dengan anggaran perawatanya.

1. Ikan hias air tawar

Tak hanya ikan laut, ikan tawar pun banyak yang lucu dan imut-imut. Misalnya cupang, mas koki, guppy, juga platy. Harganya pun murah. Sepasang ikan cupang dengan sirip dan ekor merekah cantik harganya sekitar Rp 200-300 ribuan.

Ikan mas koki malah lebih murah lagi. Untuk modalnya, Anda perlu beli akuarium ukuran 90 x 40 x 50 cm seharga Rp 200 ribu, ornamen akuarium dan hiasan Rp 200 ribu, batu kolam seplastik Rp 20 ribu, mesin aerator Rp 30 ribu, serta filter Rp 100 ribu.

Sedangkan harga pakan ikan hanya Rp 5.000 per kemasan, bisa dipakai hingga seminggu. Tak perlu suntik vaksin, cukup rutin bersihkan akuarium agar ikan jauh dari penyakit.

2. Hamster

Hewan peliharaan yang murah berikutnya adalah hamster. Harganya berkisar Rp 50 ribuan. Adapun kandang yang ukuran single rata-rata Rp 50-100 ribu. Itu sudah termasuk tempat minum dan makan, serta kincir untuk mainan si hamster. Biaya lainnya adalah untuk beli serbuk kayu Rp 7.000. Pakan hamster berupa biji-bijian. Kalau mau yang standar, pakai biji bunga matahari yang murah. Tapi kalau mau hamster lebih sehat dan energetik, bisa pakai biji campuran yang dijual seharga Rp 50 ribuan per kilo. Agar hamster sehat, berikan juga vitamin berbentuk cair yang harganya Rp 10 ribuan per 30 ml, bisa untuk seminggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kura-kura air

Binatang reptil ini termasuk punya daya tahan tubuh yang bagus. Gerak tubuhnya pun menggelikan. Yang lebih oke, harganya terjangkau. Harga kura-kura Brasil, misalnya, hanya Rp 25 ribu-50 ribu. Paling tidak, pelihara dua kura-kura saja agar mereka tak kesepian. Kebutuhan lainnya adalah akuarium 90 x 40 x 50 cm seharga Rp 200 ribu, kandang kering plastik Rp 20 ribu, aksesori akuarium Rp 200 ribu, dan pakan Rp 5.000-25 ribu per botol.

4. Burung

Selain bisa menghibur, hewan peliharaan yang murah ini juga dapat dijadikan uang. Itu kalau burung yang dipelihara bisa diperlombakan seperti perkutut. Atau justru untuk diternak seperti love bird. Burung perkutut, misalnya, harganya sekitar Rp 500 ribu. Itu yang berjenis bagus dan bisa diikutkan lomba. Ada juga yang lebih mahal kalau memang mau berfokus ke lomba. Harga itu biasanya sudah termasuk kandangnya.

Adapun harga pakan perkutut bervariasi, yang paling murah Rp 6.000. Agar suaranya makin bagus, tambahkan vitamin dan suplemen yang harganya Rp 20-50 ribuan. Sangat terjangkau. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.