Sukses

Ingin Karier Tetap Mulus? Begini Trik Menolak Perintah Atasan

Sering bingung menolak perintah atasan secara halus tanpa membuat jenjang karier terancam? Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali tuntutan pekerjaan dan ambisi meniti karier membuat banyak orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk keluarga dan bahkan diri sendiri. Terlebih jika Anda memiliki atasan yang cukup perfeksionis sehingga menginginkan Anda untuk tetap lembur pada hari libur atau setiap malam.

Namun sebenarnya, apabila hal ini terlalu sering dilakukan oleh atasan, tentu Anda akan merasa tidak nyaman dan terganggu, Anda berhak untuk menolak dan mengatakan “tidak” pada atasan dengan cara yang tentunya tetap harus sopan, dan tidak membahayakan jenjang karier Anda.

Dikutip dari FemaleMag, Kamis (23/11/17), salah satu pendiri perusahaan pembina karier di Hongkong, Loving Your work, Angela Spaxman menyebutkan bahwa Anda memiliki hak untuk menolak dan pantas untuk mendapatkan cuti Anda. Namun yang perlu Anda ingat adalah tentu saja penolakan tersebut akan menimbulkan konsekuensi yang harus diterima. Untuk meminimalisir risiko buruk yang akan terjadi berikut tips yang bisa dilakukan agar karir Anda tetap berjalan mulus.

Bagun hubungan dengan rasa saling hormat dan percaya

Tetapkan batasan yang jelas mengenai kapan Anda harus bekerja dan kapan harus beristirahat.Buktikan kepada atasan bahwa Anda sangat peduli dengan tujuannya dan juga keinginan pribadi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersikaplah fleksibel

Tanpa harus mengorbankan hal yang penting bagi diri Anda, pandai-pandailah mengatur waktu. Komunikasikan dengan atasan sejak dini mengenai hak yang Anda inginkan dan apabila dia meminta Anda untuk melakukan sesuatu di luar jam kerja bisa ditolak dengan sopan. Berikan alasan yang sangat jelas. Berusahalah untuk bekerja secara profesional sehingga pekerjaan Anda selesai tepat waktu tanpa harus lembur setiap saat.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini