Ini Alasan Mengejutkan Pangeran William, Tak Pakai Cincin Kawin

Oleh Liputan6.com pada 26 Okt 2017, 16:30 WIB
Diperbarui 26 Okt 2017, 16:30 WIB
Mengapa Pangeran William tidak mengenakan cincin kawin? Ini alasannya.
Perbesar
Mengapa Pangeran William tidak mengenakan cincin kawin? Ini alasannya. (Istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu ciri pasangan yang sudah menikah adalah sematan cincin kawin di salah satu jemari tangan mereka. Anda yang sudah menikah mungkin dengan berbangga hati mengenakannya dalam segala kesempatan. Namun hal ini tampaknya tak berlaku bagi Pangeran William. Berbeda dengan sang istri Kate Middleton yang terlihat mengenakan cincin pernikahan 18 karat yang terbuat dari emas Welsh, Pangeran William malah enggan memakai cincin kawin.

Melansir halaman Vogue pada Kamis (26/10/207), pada tahun 2011, St.James’s Palace menjelaskan alasan di balik fakta mengejutkan tersebut. Menurut pihak terkait Pangeran William yang juga bertitel Duke of Cambridge tak mau memakai cincin pernikahan karena alasan selera pribadi.

“Ia tak suka dengan perhiasan dan pihak istana mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal tersebut sebelum mereka menikah,” jelas Penny Junor, penulis “The Duchess: Camilla Parker Bowles and the Love Affair that Rocked the Crown”.

Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. (Foto: AFP)

 

2 dari 2 halaman

Cincin Kawin

Keputusan kakak dari Pangeran Harry tersebut mungkin terbilang tak lazim untuk ukuran zaman sekarang. Saat ini, 90% pria Inggris yang menikah diperkirakan memiliki cincin pernikahan. Namun hal ini sesungguhnya merupakan fenomena yang terbilang baru. Cincin pernikahan untuk Pria Inggris bukan satu hal umum hingga masa Perang Dunia II. Penggunaan cincin pernikahan pada masa itu mulai muncul lantaran para prajurit yang berperang ingin dapat terus mengingat kekasih mereka saat berada di medan.

Akan tetapi, hal tersebut tak lantas membuat fenomena cincin pernikahan memasuki wilayah kaum bangsawan. Mereka yang berdarah biru percaya bahwa perhiasan bukanlah benda untuk laki-laki. Satu anggota keluarga kerajaan lain yang mengikuti tradisi ini adalah Pangeran Philip. Telah menikah dengan Ratu Elizabeth selama 70 tahun, ia ternyata tak pernah memakai cincin pernikahan.

Pangeran William dan Kate Middleton melambaikan tangan sambil berpose di depan Gerbang Brandenburg di Berlin, Rabu (19/7). Pangeran William terlihat mengenakan setelan biru navy model klasik dan dasi biru untuk mengimbangi sang istri (John MACDOUGALL/AFP)

Bio In God Bless

 

Lanjutkan Membaca ↓