Sukses

Cara Hindari Kaki Keram yang Belum Banyak Diketahui

Cara-cara tak terduga juga dapat mengurangi risiko kaki keram pada malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang mungkin pernah mengalami kaki keram saat tidur. Keram pun menjadi pengalaman yang tidak mengenakan, sehingga Anda tidak mau mengalaminya lagi.

Bagaimana tidak, selain mengganggu tidur, kaki keram juga terasa sakit. Belum lagi jika otot tidak segera kembali lentur setelah keram. Saat keram, otot secara mendadak berkontraksi sehingga menimbulkan rasa sakit.

Yang menarik, keram kaki dapat dicegah dengan cara-cara yang tak terduga. Melansir dari laman Newsner, Jumat (8/9/2017), berikut cara yang dapat mencegah keram kaki pada malam hari.

1. Tidur dengan sabun batangan
Ini memang terdengar aneh. Namun, banyak orang yang telah membuktikan cara ini berhasil untuk mencegah kaki keram saat tidur. Mungkin ini hanya efek plasebo, tetapi tidak ada salahnya mencoba, kan?

2. Mandi air hangat sebelum tidur
Alasan harus pemanasan sebelum olahraga adalah panas membuat otot lebih baik. Mandi air hangat sebelum tidur adalah obat terbaik untuk menghilangkan pegal sekaligus mencegah keram.

3. Minum air
Kurang cairan merupakan salah satu penyebab keram paling umum. Maka sebelum tidur, pastikan Anda minum cukup air, atau minuman yang cepat menggantikan cairan tubuh lainnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Tak Terduga Cegah Kaki Keram

4. Makan pisang
Setelah olahraga, pisang menjadi makanan yang populer dimakan. Sebab, pisang mengandung banyak mineral yang dapat melawan keram. Pisang juga mengandung karbohidrat yang mengurangi waktu otot untuk memperbaiki dirinya.

5. Coba magnesium
Suplemen magnesium telah membantu banyak orang untuk mencegah keram. Mengonsumsi magnesium glycinate sebelum tidur juga dapat memperbaiki kualitas tidur.

6. Makan aprikot kering
Aprikot kering mengandung banyak potasium yang dapat membantu mengurangi keram otot. Bahan ini pun dapat membantu Anda menghindari kaki keram pada malam hari. Makanlah dua aprikot kering setiap hari selama satu bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.