Supaya Tahan Lama, Seniman Mesir Buat Karya dengan Bakar Tembakau

Oleh Akbar Muhibar pada 16 Agu 2017, 13:30 WIB
Diperbarui 16 Agu 2017, 13:30 WIB
Supaya Tahan Lama, Seniman Mesir Buat Karya Dengan Bakar Tembakau
Perbesar
Bila tembakau di Indonesia sangat populer sebagai bahan rokok, maka seorang seniman Mesir memperlakukannya berbeda. Ini hasil karyanya. (Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Liputan6.com, Jakarta Bila tembakau di Indonesia sangat populer sebagai bahan rokok, maka seorang seniman Mesir memperlakukannya berbeda. Dalam sebuah studio kecil yang dipenuhi oleh kotak rokok, Abdulrahman Al Habrouk membuat karyanya dari tembakau. Seperti yang dirilis oleh reuters.com, Rabu, (16/8/2017).

Disusun menyerupai sosok Jhonny Depp, Abdulrahman membakar tembakau yang sudah disusunnya di atas kertas. Hasilnya, jejak pembakaran tembakau yang ada akan meninggalkan jejak di kertas putih. Tentunya semua tembakau ini ia peroleh setelah membelah rokok dan menyusunnya sehingga berbentuk seperti sosok tokoh terkenal.

Berusia 23 tahun, Abdulrahman selalu menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa dalam beberapa tahun terakhir. Studionya di kota Alexsandria, selalu dipenuhi oleh eksperimen karya dengan kopi, garam, hingga pasir. Hingga akhirnya ia menemukan tembakau, sebagai bahan gambar yang lebih tahan lama.

Abdulrahman menceritakan, ide ini muncul karena gagasannya yang ingin membuat karya hidup lebih lama. Ia juga ingin menghasilkan sebuah karya yang baik dari bahan-bahan yang dianggap berbahaya. Apakah Anda ingin mencoba menggunakan tembakau menjadi karya?