Sukses

Wanita, Ini Tips Anti Stres Saat Lebaran

Lebaran seringkali membuat wanita stres dari banyak faktor. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun, banyak wanita yang mengalami stres yang berkaitan dengan kesehatan mental, kekerasan, isu harga diri hingga kepercayaan. Perayaan seperti Idul Fitri memang membahagiakan bagi sebagian besar orang. Namun, ada pula wanita yang harus merasakan hal-hal semacam itu.

Tekanan selama Lebaran dapat membuat sebagian orang stres. Mengapa? Berikut penyebabnya dan cara mengatasinya, seperti dilansir dari laman Nisa Help Line, Jumat (23/6/2017).

1. Banyak orang
Selama Idul Fitri, keluarga, teman, dan tetangga akan biasanya akan berkumpul menjadi satu. Interaksi ini dapat menimbulkan stres bagi sebagian orang. Maklum saja, interaksi yang terlalu dekat seringkali memicu perselisihan dan konflik.

Misalnya ketika Anda bertamu ke rumah kerabat dan mendapati ada tamu lain. Anda pun harus mengantre, belum lagi jika ada perbedaan pendapat antara para tamu.

Alhasil, Anda harus melapangkan hati dan memahami bahwa mereka mungkin juga mengalami hal seperti Anda. Perjalanan panjang menuju rumah kerabat, lelah membersihkan rumah, menyiapkan makanan, dan sebagainya.

2. Ekspektasi
Bayangan Anda soal perayaan Idul Fitri yang sempurna seringkali menjadi pemicu utama stres. Sebab, Anda memiliki ekspektasi lebih pada hal tersebut. Padahal, perayaan tidak selamanya indah. Anak-anak yang merengek, rumah yang kotor, cucian piring menumpuk, dan sebagainya. Perlu Anda persiapkan diri menghadapi hal-hal yang realistik.

3. Menolong orang
Salah satu hal yang dapat meminimalisasi stres di hari raya adalah dengan menolong orang lain. Ingat, esensi Lebaran adalah berbagi. Maka, jika ada orang yang tidak bisa merayakan Lebaran, tak ada salahnya mengundangnya ke rumah dan berbagi makanan dan kebahagiaan Lebaran lainnya. Ini akan memberikan kedamaian di hati.

4. Kenali orang lain
Sadarilah setiap orang berbeda, terutama pada titik perjalanan spiritualnya. Jika melihat orang lain sedang berjuang dengan perjalanannya, maka ingatlah Anda juga memiliki tantangan sendiri. Idul Fitri adalah saatnya berbagi dan saling membantu. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.