Sukses

Berapa Banyak Pengiring Pengantin untuk Pernikahan Ideal?

Beberapa hal ini mempengaruhi Anda untuk memutuskan berapa banyak pengiring pengantin dalam acara pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Memilih orang terdekat untuk menjadi bridesmaid atau pengiring pengantin di hari pernikahan Anda bukanlah hal mudah, karena Anda harus memastikan bahwa orang pilihan Anda adalah sosok yang tepat untuk mendampingi Anda selama proses persiapan pernikahan hingga hari H. Untuk itu, perhatikan hal-hal berikut untuk membantu Anda membuat keputusan.

Seperti apa tipe acara yang digelar?
Jika Anda akan menggelar pesta bergaya formal, tak masalah jika Anda memiliki 15 atau lebih pengiring pengantin. Namun semakin kasual acara yang diadakan, biasanya semakin kecil pula jumlah pengiring pengantin yang dimiliki. Begitu pula dengan pernikahan destinasi yang intim, biasanya pengantin hanya memiliki 2 pengiring pengantin.

Seberapa besar stres yang akan ditimbulkan?
Memiliki banyak bridesmaid memang berarti memiliki banyak bala bantuan, namun begitu pula dengan besarnya stres yang dapat ditimbulkan. Masalah yang muncul dapat berupa perselisihan antar bridesmaid, selera akan pilihan gaun bridesmaid yang berbeda-beda, pertanyaan yang timbul jika tidak terpilih menjadi bridesmaid, hingga biaya yang harus dikeluarkan – baik oleh para pengiring pengantin atau sang calon mempelai – untuk biaya gaun, tata rias dan rambut hingga penginapan dan tiket pesawat. Perhatikan hal-hal berikut untuk menentukan jumlah bridesmaid pilihan Anda.

Sedekat apakah Anda dengan orang ini?
Mungkin Anda merasa ada tekanan untuk memilih seseorang menjadi pengiring pengantin Anda, seperti kakak ipar, sepupu jauh atau rekan kerja. Tapi jika Anda tidak terlalu dekat dengan orang-orang tersebut, tak perlu merasa wajib memilih mereka menjadi bridesmaid. Namun jika harus, Anda dapat meminta bantuan di sisi lain seperti menyelesaikan proyek DIY untuk dekorasi pernikahan atau menjaga buku tamu.

Apa pendapat tunangan Anda?
Jika Anda ingin memiliki 20 teman sebagai pengiring pengantin, namun tunangan Anda hanya memiliki 3 teman untuk menjadi groomsmen atau pendamping pengantin pria, tentu hal ini akan terlihat aneh di foto pernikahan. Tidak harus dalam jumlah yang sama, namun pastikan perbedaannya tidak terlalu mencolok.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.