Sukses

Tak Hanya Dimakan, Sayuran Bisa Jadi Alat Musik yang Indah

Sayuran hingga saat ini hanya dianggap sebagai makanan bagi manusia, sehingga banyak yang tidak tahu bahwa mereka bisa dijadikan alat musik.

Liputan6.com, Jakarta Sayuran hingga saat ini hanya dianggap sebagai makanan bagi manusia, sehingga banyak yang tidak tahu bahwa mereka bisa dijadikan alat musik. Bahkan Kota London sendiri sudah memiliki orkestra dari sayuran, yaitu London Vegetable Orchestra. Tentu orkestra ini memanfaatkan berbagai sayuran segar, yang dibentuk menjadi alat musik.

Untuk menghasilkan nada yang sempurna, paprika, labu, wortel, dan sayuran lainnya harus dibeli sebelum pertunjukan berlangsung. Barulah mereka bisa merakit alat musik dan memainkan lagu yang akan menghibur para penonton. Modifikasi sayuran ini dilakukan sendiri oleh para memain musik, yang akan menjadi alat musiknya.

Wortel-wortel nantinya akan dibentuk menjadi seperti suling dengan bunyi yang khas. Selain itu ada paprika yang dimodifikasi menjadi terompet, dan labu madu diubah menjadi trombone. Untuk perkusi, mereka menggunakan labu yang dilubangi sehingga menghasilkan bunyi yang beragam.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan alat musik ini adalah warna bunyi dan nyaringnya suara, sehingga menghasilkan suara yang harmonis. Karena kondisi sayur yang bisa berubah dengan cepat, memproduksi alat musik ini bisa menjadi hal yang melelahkan.

Ternyata, kesulitan membuat alat musik bukan satu-satunya kendala, karena mencari sayuran yang segar juga butuh usaha yang besar. Namun karena usaha mereka, akhirnya pertunjukan dengan sayuran ini dapat dihargai bahkan masuk dalam London Jazz Festival. Apakah Anda tertarik mendengarkan orkestra sayuran ini?

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.