Sukses

Tingkah Lucu Paus Bungkuk Raksasa dalam Jepretan Hitam Putih

Fotografer ini perlu waktu tiga tahun observasi untuk bisa mengabadikan beragam tingkah lucu paus bungkuk, hewan langkah yang eksotis.

Liputan6.com, Jakarta Bukan suatu hal yang mudah bagi seseorang untuk mendekati paus bungkuk, terlebih saat mereka sedang berkelompok. Namun fotografer Jem Cresswell berhasil mengabadikan hewan eksotis ini dalam jepretan kameranya. Selama tiga tahun terakhir, Cresswell melakukan observasi dan mengunjungi Tonga di Kepulauan Polinesia hanya untuk menyaksikan migrasi dan tempat berkembangbiaknya paus bungkuk.

“Saya berusaha untuk menangkap gambar intim hewan eksotis ini, dan menyajikannya kepada orang banyak, menemukan dunia raksasa yang mistik. Semoga karya-karya ini bisa memantik akal sehat tentang pentingnya pelestarian kehidupan di planet ini,” ungkap Cresswell, seperti yang diberitakan laman Weather, Jumat (2/6/2017).

Dalam proyek ini Cresswell mengakui, dirinya telah mengambil lebih dari 10.000 foto, menangkap beragam gerakan anggun dari paus bungkuk. Beberapa hasil karya yang dianggap terbaik bahkan dipamerkan dalam sebuah pameran fotografi online bertajuk “Giants”.



Banyak cerita menarik seputar proses kreatif yang dilakukan Cresswell untuk mendapatkan gambar yang maksimal.

“Saat masuk ke dalam air, saya berusaha untuk setenang mungkin, menjaga agar semua terkendali, hanya untuk menunggu dan melihat tingkah laku lucu kawanan ikan ini,” ungkap Cresswell.

Foto: Jem Cresswell

Foto yang dipamerkan dalam nuansa hitam putih juga bukan tanpa perhitungan. Menurutnya estetika hitam putih memungkinkan banyak orang untuk fokus pada objek foto secara langsung, selain juga memunculkan kesan keabadian yang mendalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.