Sukses

7 Cara Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

Kerap dilanda kecemasan tanpa alasan? Atasi dengan 7 cara jitu berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Anxiety atau kecemasan merupakan perasaan tidak nyaman yang muncul pada diri sendiri, seperti takut atau gelisah. Rasa cemas tidak semuanya berdampak buruk. Rasa cemas membuat Anda sadar akan bahaya dan memotivasi diri untuk selalu siap menghadapi sesuatu.

Namun, kecemasan yang tidak terkontrol tanpa alasan bisa berpengaruh buruk terhadap aktivitas Anda sehari-hari. Melansir dari healthline.com pada Kamis (25/05/2017) berikut 7 cara ampuh mengatasi kecemasan yang bisa Anda lakukan.

Tetap aktif
Olahraga teratur baik untuk kesehatan fisik dan emosional Anda. Olahraga teratur juga sangat baik untuk mengurangi rasa cemas pada sebagian orang. Anda bisa merasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhenti merokok

Saat stres perokok sering kali merokok dengan alasan menghilangkan rasa stres. Sebuah penelitian menunjukkan jika Anda sudah mulai merokok, semakin mudah Anda merasa cemas di kemudian hari.

Meditasi
Tujuan utama meditasi adalah menyingkirkan kekacauan yang ada di dalam pikiran kita, dan menggantinya dengan rasa tenang. Meditasi dikenal mampu menghilangkan stres dan kecemasan. Meditasi selama 30 menit dalam sehari dapat mengurangi kecemasan dan bertindak sebagai antidepresan.

Latihan pernafasan
Pernapasan yang cepat sering terjadi saat kegelisahan melanda. Hal ini dapat membuat jantung berdetak cepat dan bisa menyebabkan kepanikan. Coba latih pernapasan Anda, ambil nafas yang dalam dan keluarkan secara perlahan. Ulangi beberapa kali, hal ini dapat membantu pernapasan kembali normal dan mengurangi kecemasan.

3 dari 3 halaman

Aromaterapi

Aromaterapi dengan menggunakan minyak esensial dapat menciptakan rasa nyaman dan tenang. tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam bak mandi Anda usai beraktivitas di sore hati untuk menghilangkan kepenatan.

Teh chamomile
Secangkir teh chamomile dapat menenangkan pikiran dan membantu untuk tidur. Sebuah penelitian pada tahun 2009 mengatakan bahwa teh chamomile sangat bagus untuk mengatasi gangguan kecemasan ringan.

Hindari kafein
Jika Anda mengidap tingkat kecemasan yang cukup kronis, maka Anda harus menghindari kafein. Kafein dapat menimbulkan rasa gugup, selain itu kafein dapat memperburuk kecemasan Anda dengan timbulnya serangan panik.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.