Sukses

Museum Bukan Hanya Gudang Barang Tua dan Objek Wisata Turis Asing

Banyak cara yang bisa dilakukan agar museum bukan hanya menjadi gudang barang tua dan tempat wisata bagi turis asing saja.

Liputan6.com, Jakarta Akhir Pekan di Museum Nasional kembali digelar. Program season 5 yang diluncurkan Minggu, (14/5/2017) kemarin berhasil memikat banyak pengunjung. Intan Mardiana selaku Direktur Museum Nasional mengatakan, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (15/5/2017) mengatakan, Museum Nasional butuh bermitra dengan orang-orang kreatif demi menciptakan terobosan-terobosan yang bisa menghidupkan kembali minat keluarga untuk berkunjung ke museum.

Menggandeng kelompok teater terkemuka di Indonesia, Teater Koma, program ini berhasil meningkatkan kunjungan hingga 10 persen. Antara tahun 2013 hingga 2016, program ini bukan hanya berhasil menambah 13.000 pengunjung dan lebih dari 500.000 pengunjung daring, tetapi juga meningkatkan frekuensi kunjungan ke Museum Nasional.

Meningkatnya kunjungan tersebut tidak lepas dari inovasi untuk menghidupkan kembali artefak dari zaman lampau, melalui storytelling pentas dongeng serta panduan jelajah museum.

Sementara itu, Yudhi Soerjoatmodjo dari komunitas dapoerdongeng mengatakan, “Melalui program ini kami mengenalkan cara baru yang menyenangkan mengunjungi museum. Bukan dengan berkeliling melihat semua artefak, tapi dengan hanya 5 sampai 8 artefak saja kita sudah bisa terhubung dalam satu tema atau kisah yang seru.”

Melalui gabungan storytelling, jelajah museum, dan diskusi, anak-anak dan orangtua punya cara baru yang menyenangkan saat berkunjung ke museum.

“Museum bukan lagi gudang barang-barang tua atau lokasi wisata yang bertumpu pada kunjungan turis asing dan rombongan anak sekolah, tapi ini ruang eksplorasi di mana masyarakat bisa merenungkan persoalan-persoalan masa kini dengan positif,” ungkap Yudhi.

https://www.vidio.com/watch/247483-tips-for-starting-a-healthy-lifestyle

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini