Sukses

Alasan Ilmiah Mengapa Tidur Menjadi Lebih Sulit di Usia 30-an

Sulit tidur di malam hari seiring bertambahnya usia? Simak di sini alasan ilmiahnya.

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak bukanlah sebuah perkara mudah bagi semua orang, terutama bagi Anda yang telah menginjak usia 30-an. Jadwal pekerjaan yang padat, kurangnya keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan, dan penggunaan ponsel berlebihan dapat menjadi penyebab umum sulitnya tidur di malam hari.

Namun ternyata, tidak hanya beberapa faktor di atas saja yang membuat Anda susah tidur, ada satu hal yang berhubungan dengan usia. Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (16/5/2017), satu perubahan yang tidak bisa dihindari oleh tubuh adalah usia, sehingga tidak heran jika kualitas tidur juga memburuk seiring waktu.

Menurut sebuah artikel yang baru-baru ini diterbitkan oleh New York Magazine, banyak orang tua memiliki kualitas tidur yang buruk karena fisiologis terkait usia dan perubahan ini cenderung dimulai pada usia 30 tahun. Hal tersebut didapatkan berdasarkan tinjauan yang diterbitkan oleh para peneliti University of California, Berkeley dengan judul Sleep and Human Aging.

Lantas, apa hubungan antara bertambahnya usia dengan kesulitan tidur di malam hari? Penuaan menyebabkan bahan kimia saraf yang menjaga tubuh dari keadaan tidur hingga terjaga, menjadi kering.

Hal tersebut juga yang menyebabkan Anda mengantuk di siang hari dan terjaga di malam hari. Para peneliti menyarankan beberapa hal untuk mengatasi masalah ini, seperti usahakan tidak tidur menjelang pagi.

Jika di malam hari Anda tidak bisa tidur, lakukan aktivitas tenang yang bisa membuat tubuh tertidur . Cara ini juga dapat membuat Anda bangun di jam yang sama setiap hari, terlepas dari perubahan jadwal Anda. Selamat mencoba mendapatkan tidur nyenyak di malam hari! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.