Sukses

Cara Ini Jamin Anda Tidur Pulas dalam 5 Menit

Jika memiliki problem sulit tidur pada malam hari, coba 5 cara yang buat Anda tertidur dalam waktu 5 menit.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia. Dengan cukup tidur pada malam hari, Anda bisa menjadi lebih sehat dan segar. Hal ini berhubungan juga dengan produktivitas Anda keesokan hari.

Namun, untuk mendapatkan waktu tidur ideal terkadang tidak mudah. Tubuh terlalu lelah dan banyak pikiran membuat Anda tetap terjaga pada malam hari. Alhasil, Anda kehilangan banyak waktu tidur karena menghabiskan banyak menit untuk berusaha tidur.

Dilansir dari Time, Senin (8/5/2017), salah satu cara cepat untuk tidur adalah dengan meditasi 5 menit. Cara ini sebenarnya adalah dengan menyadari apa yang dirasakan setiap bagian dari tubuh. Anda perlu meluangkan waktu untuk benar-benar fokus merasakannya.

"Ini adalah cara terbaik untuk rileks, membersihkan pikiran, menghilangkan stres, dan tekanan yang Anda mungkin rasakan. Sehingga Anda akan lebih mudah tertidur," ujar para ahli.

Cara ini juga didukung oleh sebuah penelitian pada April 2015 yang menyatakan, latihan kesadaran penuh ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa kelelahan.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Anda dapat memulainya dengan berbaring di tempat tidur. Tutup mata jika itu akan membuat Anda lebih rileks. Kemudian, mulai rasakan apa yang terjadi pada kaki Anda, hingga perut, dada, tangan, mata, kepala, dan setiap detail bagian tubuh lainnya.

Anda juga dapat membaliknya dari mulai kepala hingga kaki. Rasakan setiap napas Anda. Sadari apa yang Anda pikirkan, tetapi jangan menghakiminya, pelan-pelan lepaskan seluruh pikiran hingga Anda tidur. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini