50 Lukisan Eskpresif Penuh Warna dari Van Gogh Hadir di Melbourne

Oleh Akbar Muhibar pada 03 Mei 2017, 13:12 WIB
Diperbarui 03 Mei 2017, 13:12 WIB
Ilustrasi Pameran Lukisan
Perbesar
Ilustrasi Pameran Lukisan (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Lukisan menjadi media yang mampu memberikan gambaran suasana hati dan pesan tersirat dari sang pembuatnya. Hal yang sama berlaku juga pada Vincent van Gogh, yang memberikan kesan ekspresif penuh warna di Melbourne pada 28 April hingga 9 Juli 2017.

Pameran bertema "Van Gogh and The Seasons" ini dibuka dengan pertunjukan eksklusif pada 27 April 2017 di National Galery of Victoria International. Pertunjukan tersebut juga dihadiri keturunan Van Gogh, yaitu Josien van Gogh dan Sylvia Cramer. Sedangkan kurator dari pameran ini sendiri adalah Sjraar van Heugthen, mantan Pimpinan Koleksi di Van Gogh Museum.

Meski memiliki karier seni yang singkat, Van Gogh berhasil memberikan kesan luar biasa dalam waktu tak lebih dari satu dasawarsa. Hasil karya lukisan ini berhasil memberikan warisan seni yang terus memberi inspirasi kepada para seniman, serta memukau masyarakat hingga saat ini.

“Rasa cinta Van Gogh kepada sang musim sangat mendalam dan memainkan peranan penting dalam hidup dan kegiatannya. Pesona musim juga terlihat dari energi dan kedinamisan sentuhan kuas yang memancarkan kehidupan,“ ungkap Tony Ellwod, Direktur National Galery of Victoria.

Van Gogh and The Seasons sendiri menampilkan keterkaitan seniman visioner dengan berbagai musim. Mulai dari musim semi dengan kebun menghijau dan rumput segar serta musim panas dengan pancaran panas matahari dan gandum yang siap dipanen. Tidak lupa pula musim gugur dengan panen berlimpah dengan sosok penabur benih dalam kesendirian, hingga musim dingin dengan pemandangan petani menggali kentang dari dalam tanah yang beku.

Bagi Van Gogh sendiri, berbagai musim ini mencerminkan siklus kehidupan, mulai dari kelahiran, tumbuh kembang, dewasa, dan kematian. Siklus inilah yang melambangkan kebesaran alam dan keberadaan suatu kekuatan yang lebih tinggi. Semua pemahaman ini akan terlihat dalam berbagai lukisan yang pamerannya dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 17 petang di The National Galery of Victoria dan Art Exhibitions Australia.