Sukses

5 Tanda Ini Menunjukkan Anda Mengenakan Bra yang Tidak Tepat

Kenali tanda-tanda Anda mengenakan bra yang salah dan tidak tepat.

Liputan6.com, Jakarta Kenyamanan berolahraga pastinya harus ditunjang dengan pakaian yang tepat. Salah satunya adalah mengenakan sport bra yang cocok agar kegiatan berolahraga tetap nyaman. Memilih bra yang tepat dilakukan agar payudara tidak terasa seperti ditusuk, dicubit dan menyakitkan.

Dilansir dari Health.com, Minggu (23/04/2017), Lajean Lawson, PhD, seorang profesor ilmu olahraga dari Oregon State University telah mempelajari gerak payudara selama lebih dari 25 tahun. Menurutnya, sebuah sport bra yang buruk dan tidak dicocok bagi tubuh dapat membuat gesekan yang menyakitkan. Lawson menyebutkan, jika menemukan tanda-tanda berikut pada sport bra Anda, sudah saatnya mengganti dengan yang baru.

1. Terlalu Longgar
Band dada pada bra harus datar dan sesuai dengan ukuran payudara. Pada sport bra, disarankan lebih ketat dibandingkan bra yang digunakan sehari-hari.

2. Tali Terlalu Pendek dan Tipis
Tali pada bra akan sangat membantu menurunkan tekanan pada leher dan bahu untuk mencegah gesekan yang tidak nyaman pada saat berolahraga. Pastikan tali cukup lebar dan semakin besar ukuran payudara, makan semakin lebar juga tali pada sport bra Anda.

Tali yang tenal akan mendukung berat payudara yang lebih besar dan mendistribusikan berat pada bahu pemakainya. Hal ini akan memberikan kenyamanan bahkan jika Anda harus bergerak miring dan menunduk. Anda juga harus berhati-hati dengan bra yang memiliki tali terlalu pendek. Hal ini akan memberikan tekanan ekstra pada otot leher. Sesuaikan panjang tali dengan bentuk payudara dan kenyamanan Anda.

3. Cup yang Sesuai
Sport bra umumnya memiliki dua jenis cup yaitu kompresi dan enkapsulasi. Menurut Lawson, Anda harus memilih jenis cup sesuai dengan ukuran payudara. Semakin besar ukuran payudara, maka akan semakin sulit untuk menggunakan bra kompresi. Jika ukuran cup Anda lebih besar dari cup C, maka sebaiknya memilih cup enkapsulasi agar bentuk payudara Anda tidak rusak dan mencegah payudara turun pada saat melakukan gerakan olahraga.

4. Pengait yang Tepat
Pull-over-the-head sport bra memang cenderung menjadi pilihan, dan harganya cukup terjangkau dipasaran. Namun bentuk bra ini mungkin tidak cukup mampu mempertahankan bentuk payudara seperti yang diinginkan. Lawson merekomendasikan bagi siapapun yang memiliki cup C untuk memilih sport bra dengan penutup kail. Desain ini dianggap lebih efektif dan memudahkan untuk mengapus keringat pada saat berolahraga, serta meredakan ketegangan pada punggung. Beruntung kini banyak sport bra yang didesain dengan zipper trendi agar mempermudahkan Anda saat mengenakannya.

5. Spons yang Menyerap Keringat
Memilih sport bra dengan spons yang baik sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menyerap keringat dan mencegah kelembapan pada payudara.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.