Sukses

Sulit Tidur? Ikuti Cara Ini Supaya Lebih Nyenyak

Untuk mendapatkan tidur yang baik pada malam hari, tubuh harus mengalami rileksasi sebelumnya. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang mungkin pernah mengalami gangguan tidur, yakni saat ingin tidur tetapi tubuh sulit sekali melakukannya. Tentu hal ini sangat menjengkelkan karena Anda membutuhkan tidur yang berkualitas demi tubuh yang segar.

Saat mengalami gangguan tidur, Anda pun biasanya akan mengalami efek sebaliknya. Tubuh jadi lemas dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya. Ternyata hal ini terjadi karena tubuh Anda belum siap untuk tidur.

Untuk mendapatkan tidur yang baik pada malam hari, tubuh harus mengalami rileksasi sebelumnya. Lantas, bagaimana caranya supaya tubuh rileks dan siap untuk tidur? Berikut seperti dilansir dari Popsugar, Selasa (26/4/2017).

Mandi
Kegiatan ini dapat membuat tubuh rileks. Jika perlu Anda dapat melakukan spa kecil sebelum tidur. Misalnya dengan menggunakan scrub atau conditioner pada rambut sebagai masker.

Matikan alat elektronik
Menggunakan gawai sebelum tidur akan menstimulasi otak untuk berpikir. Padahal untuk bisa tidur, Anda membutuhkan otak yang rileks. Maka matikan alat elektronik setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur.

Yoga
Anda dapat melakukan stretching supaya tubuh lebih rileks. Jika terlalu malas untuk membuka matras yoga, Anda dapat melakukannya di kasur. Lakukan gerakan yang menarik otot-otot Anda sehingga lebih lemas dan santai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rileksasi sebelum tidur

Membaca buku
Kegiatan ini dapat membuat otak santai. Apalagi jika dilakukan dengan buku cetak karena mata juga lebih beristirahat daripada membaca layar gawai.

Musik
Mendengarkan musik yang santai dapat mengistirahatkan otak Anda. Musik instrumental dengan irama yang lembut dapat membantu Anda untuk lebih rileks sehingga lebih siap untuk tidur.

Menulis catatan harian
Ini merupakan salah satu terapi untuk menghilangkan stres. Sebab, perasaan-perasaan tak tersampaikan dan emosi negatif akan tersalurkan sehingga Anda dapat lebih tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini