Sukses

Destinasi Wisata Favorit Libur Panjang Paskah di Gunungkidul

Ini destinasi wisata favorit libur panjang Paskah di Gunungkidul yang menargetkan 60 ribu pengunjung

Liputan6.com, Jakarta Liburan panjang perayaan Paskah 2017 menjadi kesempatan bagi Kabupaten Gunungkidul untuk menerima wisatawan sebanyak-banyaknya. Sebanyak 60 ribu pengunjung menjadi target Kabupaten Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Hary Sukmono menyatakan target 60 ribu pengunjung diharapkan datang dari sejumlah objek wisata beretribusi. Mulai dari kawasan pantai hingga wisata alam pegunungun seperti Nglanggeran hingga kawasan air terjun Sri Gethuk.

Dari semua spot wisata yang ada di Gunungkidul, kawasan pantai masih menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbanyak dengan 80 persen kunjungan. Itu belum termasuk pengunjung wisata selain di kawasan beretribusi yang diperkirakan jumlahnya juga cukup banyak.

"Selama libur panjang kami menargetkan PAD Rp 400 juta, katanya, Sabtu (15/4/2017).

Tak ada persiapan khusus menyambut libur panjang Paskah tahun ini. Namun jajarannya memantapkan berkoodirnasi dengan pihak kepolisna untuk menghindari kemacetan. Penambahan personel juga dilakukan khususnya di beberapa pos retribusi.

"Ada penambahan personel yang dilakukan di beberapa pos retribusi. Kami juga sudah berkoordinasi ke semua pihak, kita mengantisipasi agaar tidak macet," katanya.

Sementara itu Pengelola Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) Adhitya Putratama memprediksi jumlah wisatawan di kawasannya akan naik dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Sehingga ia menambah jumlah pemandu di objek wisatanya. Kebanyakan para pengunjung sudah memesan wisata snorkeling melalui media sosial yang dimilikinya.

"Sejak kemarin sudah banyak yang melakukan pemesanan, dibanding hari biasa terjadi peningkatan pemesanan sejak minggu lalu," kata Adhitya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.