Sukses

Ini Dia Manfaat Membuat Anggaran Rumah Tangga Bagi Pasangan Muda

Yuk pastikan Anda memilki anggaran rumah tangga dan rencana keuangan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Beda pendapat, antara pasangan adalah hal yang lumrah. Tapi hati-hati, kalau sudah menyangkut keuangan bisa fatal akibatnya. Itulah mengapa selalu diingatkan untuk membuat anggaran rumah tangga yang disetujui berdua.

Anggaran rumah tangga tidak hanya penting untuk kondisi keuangan keluarga yang lebih teratur, tetapi juga bisa membuat hubungan suami-istri menjadi lebih harmonis. Tidak percaya? Silakan simak ulasannya dari DuitPintar.com berikut ini:

1. Membuat hubungan jadi harmonis
Kalau sudah berbicara soal uang, pastinya harus terbuka dan transparan. Dengan disiplin membuat anggaran, komunikasi antar pasangan pun semakin lancar.

Sebenarnya ini tergantung juga kepada gaya komunikasi masing-masing pasangan. Ada yang walau sudah menikah punya prinsip uang masing-masing itu rahasia. Tapi ada juga yang buka-bukaan hingga ke jumlah gaji pun sama-sama tahu.

Tapi paling tidak, saat pasangan berkomitmen untuk membuat bujet rumah tangga bersama, otomatis mereka jadi lebih sering berdiskusi soal pandangan masing-masing tentang uang.

2. Saling mengerti
Walau saling sayang dan cinta, setiap pasangan tetap saja dua pribadi yang berbeda. Masing-masing memiliki kebiasaan dan sifat yang unik. Nah, saat membuat anggaran itulah, paling tidak kita bisa jadi lebih memahami kebiasaan masing-masing dalam mengatur keuangan.

Melalui hal ini, suami jadi tahu ternyata istrinya rajin menabung dan tidak gila belanja. Sebaliknya, istri pun juga juga bisa lebih mengerti kalau suaminya boros jika sudah menyangkut hobi otomotifnya.

3. Lebih terkontrol
Manfaat lain dari anggaran keuangan rumah tangga adalah sebagai alat pengendali pengeluaran, terutama untuk hal-hal yang bukan prioritas. Saat ada yang mulai boros dan tidak komit dengan rencana yang sudah dibuat, pasangan bisa saling mengingatkan.

Praktiknya memang tidak mudah, karena biasanya sangat sulit untuk menahan keinginan. Misalnya istri yang hobi belanja tas, walaupun koleksinya sudah memenuhi satu lemari. Padahal kalau mau direnungkan, tas bukanlah kebutuhan utama, melainkan keinginan yang bisa ditunda.

Inilah pentingnya peran pasangan untuk saling mengingatkan. Apalagi kalau sedang merencanakan biaya pendidikan anak atau mau renovasi rumah. Harus sama-sama sadar kalau semua ada prioritasnya.

4. Punya simpanan
Mengatur keuangan sangat penting agar punya kehidupan yang layak dan masa depan yang tenang. Apalagi saat sudah membangun rumah tangga. Kebutuhan hidup pasti semakin banyak.

Dengan disiplin membuat anggaran, pasangan mau tidak mau memiliki alokasi untuk tabungan, investasi, dan dana cadangan. Otomatis masa depan keuangan untuk keluarga pun menjadi lebih terjamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.