Sukses

Ketahui Hal Penting Ini Jika Ingin Jadi Traveler Sejati

Bagi Anda yang mengaku traveler sejati, apakah sudah melakukan hal penting berikut ini?

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita yang mengaku sebagai traveler karena memiliki hobi untuk mengeksplorasi tempat baru. Bahkan, ada yang merasa tolak ukur sebagai seorang traveler adalah banyaknya tempat yang sudah disinggahi.

Ada perbedaan besar yang bisa Anda lihat dari predikat turis dan traveler. Turis biasanya menghabiskan waktu liburan mereka dengan bersantai di sebuah tempat yang eksotis. Sementara traveler, lebih suka menjelajahi sesuatu yang baru di tempat wisata dan berinteraksi dengan orang-orang lokal.

Seperti yang dikutip dari brightside.me, Kamis (23/03/2017), berikut beberapa hal yang perlu diketahui jika Anda ingin menjadi traveler sejari.

1. Riset Lokasi Traveling Sebelum Berangkat

Cari tahun informasi dasar yang penting dan berhubungan dengan calon destinasi traveling. Mulai dari kehidupan penduduk lokalnya, apa yang mereka suka dan tidak, norma yang berlaku di sana.

2. Hormati Budaya di Tempat Traveling

Seluruh tempat di dunia ini punya perbedaan dan keunikan tersendiri. Hal ini harus selalu diingat ketika Anda bepergian ke luar negeri. Anda mungkin akan terkejut melihat perilaku penduduk lokal yang ada di tempat traveling. Mulai dari cara makan hingga berpakaian yang berbeda dengan Anda. Baiknya, Anda tetap menunjukan sikap menghormati tradisi budaya yang berlaku di tempat tersebut. Sebab, bagaimana pun juga Anda adalah tamu di sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

3. Meminta Izin Sebelum Mengambil Foto

Saat ini dokumentasi adalah hal utama yang harus dibawa selama bepergian ke luar negeri. Nah, salah satu langkah menunjukkan sikap hormat terhadap penduduk lokal adalah meminta izin sebelum mengambil foto di tempat traveling. Sebab, ada beberapa orang yang memegang tradisi tertentu merasa jika sebagian kecil jiwanya telah dicuri ketika dirinya difoto. 

3 dari 9 halaman

4. Belajar Bahasa Lokal

Tak perlu belajar sampai mahir. Beberapa kata dasar seperti ucapan salam, maaf, dan terima kasih pun bisa menunjukkan kalau Anda menghormati penduduk lokal yang ada di sana. Belajar sedikit bahasa lokal pun dapat memudahkan Anda untuk berkomunikasi saat traveling. Sebab, tak semua tempat bisa menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris.

4 dari 9 halaman

5. Bertemu Orang Baru

Traveler yang sudah berpengalaman tentu tahu kalau hal paling berharga yang bisa didapatkan saat perjalanan adalah teman baru. Pertemanan ini bahkan dirasa lebih berharga jika dibandingkan dengan souvenir yang dibawa dari tempat wisata. Apalagi jika teman baru Anda adalah penduduk lokal di tempat traveling. Anda bisa mendapatkan banyak informasi menarik tentang tempat yang dikunjungi, mulai dari sejarah hingga spot seru yang tak banyak orang tahu.

5 dari 9 halaman

6. Tinggal di Host Family

Daripada tinggal di hotel berbintang, lebih baik pilih host family saat traveling. Sebab, ini adalah cara termudah untuk Anda belajar tentang tradisi dan kebudayaan tempat yang dikunjungi. Anda bisa menikmati makanan rumahan yang khas bahkan bisa berteman dengan pemilik rumah yang merupakan bagian dari penduduk lokal.

6 dari 9 halaman

7. Menikmati Makanan Lokal

Saat liburan ke luar kota atau negeri, cobalah berbagai makanan lokal yang jadi kebanggaan di sana. Jangan hanya pergi ke restoran cepat saji yang bisa Anda temukan di wilayah sendiri.

7 dari 9 halaman

8. Nikmati Momen

Perbedaan terbesar antara turis dan traveler adalah misi yang mereka miliki. Turis biasanya akan terburu-buru menyusuri seluruh kota untuk bisa mendapatkan foto bagus di tempat populer agar bisa jadi pilihan untuk diunggah ke media sosial. Untuk traveler, mereka biasanya akan lebih menikmati momen selama berpetualang. Tak perlu terburu-buru untuk bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain. Yang penting bisa mengeskplorasi tempat wisata lebih dalam lagi.

8 dari 9 halaman

9. Traveling Sendiri

Jika sudah terbiasa dengan tipe traveling bersama rombongan, tak ada salahnya untuk coba sensasi seru menjadi seorang solo traveler. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan selama bepergian seorang diri. Hal utama yang terlihat adalah Anda jadi lebih mandiri dan lebih mengenal diri Anda sendiri.

9 dari 9 halaman

10. Gunakan Transportasi Umum

Salah satu cara untuk menikmati perjalanan traveling adalah bepergian dengan menggunakan transportasi umum. Anda bisa bertemu dengan orang-orang baru dan melihat hal-hal seru di sana.

Jadi sudah lakukan hal ini saat traveling? Sebelum berangkat ke destinasi impian jangan lupa cek selalu Reservasi.com. Tersedia promo tiket pesawat dan booking hotel hingga jutaan rupiah untuk para traveler sejati seperti Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini