Sukses

5 Hobi Kreatif yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Memori Anda

Ingin meningkatkan kemampuan memori Anda? Lakukan 5 hobi kreatif berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan yang menyenangkan adalah saat kita melakukan sesuatu yang kita sukai. Setiap orang tentu memiliki hobi yang berbeda-beda. Biasanya orang-orang akan mengisi waktu luang dengan melakukan hobinya masing-masing. 

Ternyata beberapa hobi yang kreatif memiliki manfaat besar dalam hidup kita. Dilansir dari ehow.com pada Rabu (15/3/2017), berikut ini adalah 5 hobi kreatif yang mampu meningkatkan memori Anda.

Mewarnai
Kegiatan yang sederhana ini adalah aktifitas yang menakjubkan dan mampu mengurangi tingkat stres pada orang dewasa. Mengurangi tingkat stres ternyata dapat meningkatkan memori Anda. Anda bisa mewarnai apa saja yang Anda suka untuk mengisi waktu luang.

Berkebun
Sama seperti mewarnai, berkebun dan merawat tanaman dapat meringankan stres. Tak hanya memberikan ketenangan dalam hidup, hobi ini bahkan dapat melindungi otak Anda dan memperkuat kemampuannya untuk mengingat berbagai hal. Medical Journal of Australia menemukan bahwa berkebun setiap hari dapat mencegah resiko demensia, satu set gangguan otak yang berhubungan dengan usia.

Melukis
Membuat karya seni sama seperti latihan untuk otak Anda. Semakin sering Anda berlatih untuk melukis sesuatu, maka hal tersebut akan membuat memori Anda semakin kuat. Pada dasarnya memori Anda tidak hanya diawetkan tetapi juga ditingkatkan kemampuannya.

(Doc: Healthination.com)

Memasak
Memasak hidangan lezat adalah cara mengagumkan untuk merangsang otak Anda. Menjaga otak Anda agar tetap aktif adalah cara utama untuk mencegah penurunan mental, hal ini tentunya patut dicoba.

Merajut
Menurut British Journal of Occupation Therapy, hobi merajut dapat membuat perasaan lebih baik. Tak hanya itu merajut dapat membawa kebahagiaan, ketenangan, dan relaksasi. Semakin sering Anda merajut, fungsi mental Anda akan semakin berkembang.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini