Sukses

Ini Tips Mudah Mendidik Anak Sejak Usia Dini

Berikut ini adalah tips bagi Anda para orangtua untuk mendidik anak sejak usia dini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda para orangtua, mungkin pernah mengalami kesulitan dalam mendidik dan membesarkan anak. Dalam setiap tahap perkembangan yang dilalui anak Anda, maka diperlukan pendekatan dan cara yang berbeda pula untuk mendidik dan membesarkan anak-anak Anda. Berikut ini adalah tips bagi Anda para orangtua untuk mendidik anak sejak usia dini.

1. Mendampingi
Anda perlu untuk ikut serta mendampingi anak dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, khususnya untuk hal-hal yang perlu pengawasan dari orang dewasa. Anak-anak pada usia dini biasanya akan sangat aktif dan perlu ekstra hati-hati dalam mendampinginya.

2. Mengajar dan mendidik
Selain mendampingi, Anda juga perlu untuk mengajarkan dan mendidik anak-anak berbagai hal tentang kehidupan. Perlahan-lahan, anak-anak Anda akan bertambah besar dan lebih mudah mempraktekkan apa yang telah diajarkan oleh orangtuanya di masa depan. 

3. Mengawasi
Seperti halnya poin pertama, mengawasi anak-anak Anda menjadi hal yang juga perlu dilakukan. Selain mendampingi, mengawasi dari jauh berfungsi untuk membiarkan anak menjadi lebih mandiri, tetapi bukan berarti Anda harus melepaskannya begitu saja tanpa pengawasan. Anda harus tetap siap sedia membantu anak Anda jika diperlukan.

Odilia Hana Santoso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.