Sukses

Ide Traveling untuk Penggemar Kuliner Bakmi

Siapa yang tidak suka bakmi? Kuliner yang satu ini memang nikmat disantap kapan saja.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka bakmi? Kuliner yang satu ini memang nikmat disantap kapan saja. Bakmi yang gurih didampingi semangkuk kuah panas cocok untuk sarapan, makan siang, cemilan sore atau bahkan makan malam. Rasanya gurih dan bagi penggemar pedas, tentunya semakin nikmat jika dibubuhi sambal.

Nah, kecintaan Anda terhadap bakmi sebenarnya bisa dijadikan inspirasi untuk traveling. Ketika bingung harus liburan ke mana dan ujung-ujungnya ke mal lagi, lebih baik coba wisata kuliner langsung ke daerah yang terkenal dengan kuliner bakminya. Di mana sajakah itu? Yuk, langsung cek ulasannya berikut ini:

1. Medan

Bakmi Medan memiliki banyak variasi, tapi yang paling umum adalah mi pangsit. Mi keriting atau mi kecil disajikan bersama pangsit yang kulitnya halus. Lalu ditambah topping daging cincang serta daging iris yang diwarnai merah. Tidak lupa penggunaan daun bawang dan tauge. Rasa bakmi Medan akan lebih kuat jika Anda menaburkan merica di atasnya.

2. Bangka

Bakmi Bangka disajikan menggunakan daging cincang. Namun ciri khas bakmi Bangka adalah penggunaan tauge sebagai salah satu topping-nya. Selain tauge, bakmi Bangka juga biasa disajikan bersama sebutir jeruk limau. Peras dan kucurkan air jeruk limau di atas bakmi. Harum segar dan rasa asam manis air jeruk limau memberikan sensasi tersendiri dan memperkaya rasa bakmi Bangka.

Bakmi Bangka disajikan menggunakan topping daging babi atau ayam cincang dan sawi hijau. Di kedai bakmi Bangka asli juga biasanya menjual tahu kok (bakso tahu ala Bangka). Anda bisa memakannya sebagai pendamping bakmi atau dimakan begitu saja.

3. Pontianak

Berbeda dengan bakmi pada umumnya yang menggunakan daging ayam atau babi, bakmi di Pontianak menggunakan daging kepiting sebagai bahan baku utamanya. Ukuran mi yang dipakai pun berbeda. Diameternya kecil dan teksturnya halus.

Topping yang digunakan di bakmi Pontianak biasanya adalah daging kepiting (suwir maupun capit utuh), bakso ikan, hekeng (sejenis otak-otak goreng tapi berbahan dasar ikan) dan tentunya daun bawang yang melimpah. Rasa bakmi Pontianak gurih dan unik!

4. Makassar

Bakmi Makassar menggunakan mi yang berdiameter lebih tebal daripada mi biasa. Jika dilihat, seperti udon Jepang namun teksturnya lebih keras. Bakmi Makassar juga biasa disebut sebagai pangsit mie karena penyajiannya pasti menggunakan pangsit goreng. 

Uniknya, ukuran pangsit goreng di bakmi Makassar tidak sebesar pangsit goreng pada umumnya. Ukurannya dibuat kecil, kulitnya tidak melebar. Kulit pangsitnya pun lebih tebal. Bakmi Makassar biasa menggunakan topping campuran daging babi cincang dan irisan daging ayam. Tidak ada topping sayuran sawi hijau dan sejenisnya.

Berminat ke salah satu daerah di atas untuk berburu kuliner bakmi? Tentunya mereka tidak hanya punya bakmi lezat, tapi di sana juga ada banyak destinasi wisata alam maupun budaya yang menarik.

Yuk, siap-siap buat rencana perjalanan ke salah satu destinasi di atas. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tiket pesawat termurah. Coba cek di situs online travel agency seperti Reservasi.com. Ada diskon hingga Rp 1 juta tanpa minimum pembelian untuk tiket pesawat maupun hotel. Selamat mencoba!

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini