Sukses

Wanita, Begini Cara Memiliki Tubuh Ideal Paska Melahirkan

Intip cara mendapatkan tubuh ideal paska melahirkan!

Liputan6.com, Jakarta Perasaan seorang ibu paska mengalami proses persalinan pasti luar biasa menggembirakan. Proses melahirkan seorang anak adalah pengalaman hebat. Ada banyak perubahan yang terjadi dalam hidup dan juga dalam tubuh Anda paska melahirkan dan bersalin.

Anda perlu mengambil upaya untuk kembali ke bentuk tubuh ideal Anda. Berikut adalah 5 cara untuk memiliki tubuh indah paska melahirkan seperti dilansir dari laman magforwomen.com, Jumat (3/3/2017). 

1. Konsultasikan dengan dokter Anda
Paska melahirkan adalah masa yang tidak benar-benar dianjurkan untuk melakukan diet berlebihan atau latihan fisik yang berat. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter Anda untuk mengetahui kapan mulai rutin untuk berupaya menurunkan berat badan.

Tubuh setiap wanita berbeda dan waktu pemulihan pun bisa berbeda. Hormon, tingkat air dalam tubuh, kadar darah semua perlu untuk distabilkan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan tubuh indah, Anda tidak bisa mengambil risiko pada kesehatan Anda.

2. Mulailah dengan latihan ringan
Paska melahirkan, tidak harus melakukan beragam olahraga yang berat. Peralatan olahraga berat harus dihindari sepenuhnya. Latihan harus ringan, mirip dengan latihan yang diikuti selama kehamilan. Dengan cara ini, Anda akan mengembangkan otot-otot tubuh yang lama kelamaan akan kembali ke bentuk semula.

3. Fokus pada diet Anda
Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi dan kalori karena Anda masih perlu menyusui. Sangat penting untuk tidak mengurangi kalori begitu banyak sehingga tubuh tidak mampu memenuhi kebutuhan kalori. Berkonsultasilah dengan ahli gizi, rencanakan diet yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan juga membantu Anda dalam penurunan berat badan.

4. Makan secara teratur
Jika Anda makan makanan yang bergizi dalam porsi kecil secara berkala, itu akan memuaskan rasa lapar sementara dan juga membantu Anda menghindari nafsu makan yang berlebihan. Ini adalah cara yang baik untuk membatasi asupan kalori tanpa mengorbankan kesehatan Anda.

5. Makan yang benar dan bergizi
Sangat penting untuk makan makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Hindari junk food dan makanan yang tidak sehat. Miliki diet yang seimbang dengan memperhatikan persediaan makanan sehat jika Anda sering merasa lapar.

Merawat diri sendiri dan bayi Anda adalah hal yang paling penting selama periode paska kehamilan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak memaksakan diri. Jangan mengharapkan hasil yang cepat. Bersabarlah dan tunggu hasil akhirnya.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.